Melihat antusias masyarakat yang cukup tinggi mengikuti program Mudik Gratis Bersama PTPN IV, maka panitia menambah jumlah bus eksekutif menjadi 27 unit dari tahun 2018 yang masih 25 unit.
Medan (ANTARA) - Manajemen PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) memberangkatkan 1.080 orang pemudik Lebaran dari Kota Medan dengan 27 angkutan bus ke daerah Sumut dan Riau.

"Program mudik gratis PTPN IV merupakan salah satu wujud Program BUMN hadir untuk negeri," ujar Dirut PTPN4, Siwi Peni di Medan, Sabtu.

Dia mengatakan itu usai acara pemberangkatan 1.080 pemudik Lebaran dari Medan secara gratis oleh PTPN4 ke Padangsidempuan dan Rantauprapat (Sumut) dan Pekanbaru (Riau).

Sebagai salah satu anak perusahaan BUMN perkebunan yang bergerak di bidang agro industri perkebunan, program mudik gratis PTPN4 itu, katanya merupakan bagian dari Program Mudik Gratis Bersama yang digelar Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"PTPN IV merupakan salah satu dari 104 BUMN bersinergi yang tahun ini memberangkatkan 250.474 pemudik secara gratis dengan menggunakan moda transportasi bus, kereta api, kapal laut dan pesawat dengan titik keberangkatan 80 kota (34 kota di Pulau Jawa dan 46 kota di luar Pulau Jawa)," ujarnya.

Kepala Unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PTPN IV, Riza Fahlevi Naim menyebutkan program Mudik Gratis BUMN 2019 menindaklanjuti Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor S-195/MBU/04/2019 tanggal 1 April 2019 perihal Program BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2019.

Menurut dia, 1.080 pemudik Lebaran 2019 itu lebih banyak daripada jumlah pemudik pada Lebaran 2018 yang berada pada kisaran 1.000 orang.

"Melihat antusias masyarakat yang cukup tinggi mengikuti program Mudik Gratis Bersama PTPN IV, maka panitia menambah jumlah bus eksekutif menjadi 27 unit dari tahun 2018 yang masih 25 unit," katanya.

Dia mengakui, tahun ini ada perubahan rute ke Pekanbaru setelah di tahun 2018 ke Lhokseumawe (Aceh.) Dari 1.080 pemudik itu, jumlah terbanyak ke Padangsidempuan sebanyak 519 orang disusul ke Rantauprapat sejumlah 320 dan Pekanbaru 241 pemudik.

Riza menyebutkan bahwa selain gratis, pemudik juga diberikan kaos, topi, makanan dan air mineral.

Sementara itu, mahasiswa Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU), Laila yang akan mudik ke Padangsidempuan, mengaku gembira bisa ikut program mudik gratis PTPN IV. "Lumayan kali karena gratis di saat harga tiket travel/taksi ke Sidempuan naik jelang Lebaran," katanya.

Sedangkan Rihan Nurhade (16), siswa pesantren di Deliserdang yang ikut Mudik Gratis PTPN4 ke Padangsidempuan juga mengaku berezeki bisa ikut program Mudik Gratis. "Enaklah. Coba kalau naik travel, udah tambah mahal harga tiketnya," kata Rihan yang mengaku mau mudik ke Sibolga.

Baca juga: Kopi gratis bagi pemudik disediakan Pemkab Waykanan
Baca juga: Ribuan pemudik gratis dilepas Bupati Tangerang


Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019