Wakapolda:Arus mudik di Kalteng lancar dan kondusif

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Rikwanto. (FOTO ANTARA)
Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kalimantan Tengah Brigjen Pol Rikwanto mengatakan bahwa, arus mudik baik melalui darat, laut dan udara di daerah itu masih berjalan lancar dan kondusif.

"Arus mudik Lebaran khususnya di Kalteng sangat berbeda dengan arus mudik di pulau Jawa dan lain sebagainya. Kalau di pulau Jawa H-5 sudah ramai dan membludak, sedangkan di daerah kita cukup signifikan dan semuanya berjalan dengan lancar," kata Rikwanto di Palangka Raya, Jumat.

Dia mengatakan, untuk arus mudik di jalur darat sampai saat ini juga tidak ada kendala apapun, bahkan jajaran Polres yang ada di wilayah Kalteng juga sudah menyediakan pos pelayanan mudik Lebaran serta pos kesehatan bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Selanjutnya untuk arus mudik melalui jalur laut yang berada di pelabuhan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat dan Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, kendati jumlah penumpang yang berasal dari karyawan perusahaan seperti kelapa sawit, tambang serta lain sebagainya, sudah memadati kapal yang akan mereka tumpangi sesuai jadwal.

"Kapal yang sudah dijadwalkan akan mengangkut para penumpang di dua pelabuhan kabupaten tersebut, sampai saat ini masih mampu mengangkut ribuan penumpang. Bahkan lonjakannya cukup signifikan. Namun masih bisa dikontrol dan tidak membludak yang mana nantinya bisa membahayakan para penumpang," ujarnya.

Selain dua jalur tersebut yang menjadi populer bagi para pemudik, jalur udara juga jadi alternatif untuk masyarakat di Kalteng pulang ke kampung halaman. Hanya saja sampai saat ini di setiap bandar udara (bandara) yang ada di provinsi setempat, masih terlihat landai saja.

"Yang akan diantisipasi itu adalah nanti pada arus balik, biasanya jumlah penumpang yang datang ke Kalteng tentunya akan bertambah. Hal itu lantaran sanak keluarganya yang sudah bekerja di daerah kita, pasti akan mengajak keluarganya untuk mencari kerja di Kalteng atau bekerja satu perusahaan dengan yang bersangkutan," katanya.

Jendral berpangkat bintang satu itu berharap, semoga arus mudik dan balik Lebaran tahun ini selalu aman terkendali dan tidak ada kejadian-kejadian yang menonjol dan menimpa masyarakat kita saat menumpangi transportasi yang mereka gunakan.

"Semoga arus mudik dan balik Lebaran nantinya selalu aman dan lancar, sehingga tidak ada kejadian yang sifatnya menonjol," ujar Mantan Kepala Biro Multimedia Divhumas Mabes Polri.

Baca juga: Polda Kalteng kerahkan seluruh pasukan amankan arus mudik
Baca juga: Empat ribu lebih Polisi Jaga Lebaran di Kalteng

 

H-1 Tahun Baru, penumpang KA Daop 1 Jakarta kembali ramai

Pewarta:
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019