Jadi petugas secara berkala melakukan patroli di lobby, terminal, parkir area hingga random check kendaraan yang masuk
Banjarbaru (ANTARA) - Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor mencatatkan penumpang tertinggi pada H-6 Lebaran pada 30 Mei 2019 yaitu 11.334 orang.

Sehingga hingga penerbangan terakhir pada Jumat (31/5) malam, bandara yang sedang melakukan renovasi besar-besaran itu sudah dilintasi 30.860 pemudik.

General Manager Bandara Syamsudin Noor Indah Preastuty di Banjar baru, Sabtu, mengatakan, secara umum dari hari pertama dibukanya Posko Terpadu Angkutan Lebaran pada H-7 atau 29 Mei 2019, memang terjadi peningkatan signifikan jumlah penumpang dibanding hari-hari sebelumnya.

"Puncaknya tertinggi H-6, kemudian turun lagi di H-5 menjadi 9.793 penumpang. Prediksi kita di hari Sabtu ini dan Minggu besok bisa naik lagi jumlah penumpangnya. Karena seperti diketahui ada kebijakan pegawai mengikuti apel Hari Lahir Pancasila 1 Juni, mungkin setelah itu baru bisa mudik," katanya. 

Adapun untuk pergerakan pesawat hingga H-5, sudah ada 132 kali kedatangan dan 131 kali keberangkatan, di mana untuk ekstra flight (penerbangan) kedatangan ada 5 kali terdiri dari 2 penerbangan asal Semarang, 2 asal Surabaya dan 1 Yogyakarta.

Sedangkan untuk ekstra flight keberangkatan dari Bandara Syamsudin Noor juga ada 5 kali, yakni Banjarmasin tujuan Semarang 2 kali, Banjarmasin tujuan Surabaya 2 kali dan Banjarmasin tujuan Yogyakarta 1 kali.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di akhir-akhir puncak arus mudik Lebaran, bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) itupun telah menyiapkan dua tempat rest area yang bisa digunakan calon penumpang atau yang tiba dari penerbangan untuk beristirahat dengan nyaman.

Pihak bandara juga menugaskan tenaga customer service tambahan yang secara mobile berkeliling untuk menemui calon penumpang menyampaikan segala informasi dan sekaligus wadah bertanya, selain bisa langsung mendatangi Posko Terpadu.

Kemudian petugas gabungan di Posko juga melakukan patroli keliling terminal untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

"Jadi petugas secara berkala melakukan patroli di lobby, terminal, parkir area hingga random check kendaraan yang masuk," jelas Indah didampingi Manager Operasional Bandara Syamsudin Noor Ruly Artha.

Indah secara khusus juga mengimbau para calon penumpang untuk bisa datang lebih awal ke bandara supaya mendapatkan waktu jeda yang cukup sebelum pesawat berangkat.

Karena diketahui proses cek in tiket terjadi antrean cukup panjang dan memakan waktu di saat puncak arus mudik seperti sekarang, sehingga harus bisa diperhitungkan calon penumpang.

"Tetap waspada terhadap barang bawaannya, termasuk juga menjaga putra-putrinya agar tidak lengah dan jangan sampai lepas dari pengawasan," katanya.

Untuk pengamanan Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Bandara Syamsudin Noor sendiri berkekuatan 142 personel. Terdiri dari internal PT Angkasa Pura I (Persero) seperti Airport Security Screening Section dan Airport Security Protection Section.

Kemudian dibantu juga petugas eksternal dari TNI Angkatan Udara Lanud Sjamsudin Noor, TNI Angkatan Darat dan Polri dari Polres Banjarbaru.

Sedangkan instansi lain yang juga siaga, yakni Basarnas, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), BMKG, Jasindo dan Dinas Kesehatan.
​​​​​​

Pewarta: Firman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019