748 pemudik gratis asal Sukabumi diberangkatkan ke Jateng

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Belasan bus yang mengangkut ratusan pemudik program mudik gratis yang diberangkatkan ke beberapa daerah di Jateng. (ANTARA Foto: Aditya Rohman/Antaranews).
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Sebanyak 748 pemudik yang memanfaatkan program mudik gratis dari Kota Sukabumi, Jawa Barat, diberangkatkan bersamaan ke berbagai daerah di Jawa Tengah dengan menggunakan 17 bus yang merupakan bantuan dari Pemkot Sukabumi dan Pemprov Jabar.

"17 bus program mudik gratis ini merupakan 15 bus bantuan dari Pemprov Jabar, satu dari Pemkot Sukabumi dan satu dari Damri seluruh penumpang sebanyak 748 orang," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi, Sabtu (1/6).

Mayoritas warga yang melaksanakan mudik dengan menggunakan fasilitas ini tujuannya beberapa daerah Jateng seperti ke Solo, Wonogiri, Yogyakarta dan sekitarnya. Program mudik gratis ini pun bertujuan untuk antisipasi kemacetan dan mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Selain itu, bantuan mudik gratis baik dari pemerintah pusat dan daerah ini juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas pada musim mudik lebaran dan juga sebagai pelayanan kepada warga.

Setiap tahunnya program ini diadakan, bahkan jumlah warganya pun bertambah dari tahun ke tahun. Semua awak bus pun sebelum memberangkatkan para pemudik ini sudah menjalani pemeriksaan kesehatan dan tes urine.

Sementara, Kepala UPTD Pengelolaan Prasarana Perhubungan Laut Dishub Provinsi Jawa Barat Idit Gunawan menambahkan setiap tahunnya pelayanan untuk warga melalui program mudik grats ini jumlahnya terus bertambah.

Peningkatan layanan ini mulai dari sisi jumlah armada yang dikerahkan maupun kualitas bus itu sendiri. Tujuannya agar warga yang ingin mudik bisa terbantu khususnya mereka yang keuangannya terbatas.

"Jumlah bus yang kami kerahkan untuk program mudik gratis ini Kota Sukabumi sebanyak 15 unit, Bogor 10 unit, Bekasi 40 unit dan Kota Bandung 45 unit. Di tambah dari Jasa Raharja sebanyak 10 bus," tambahnya. 

Lebaran masih 2 bulan, kuota mudik bareng BUMN tinggal 3 ribu kursi

Pewarta:
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019