Kami membuat dua regu tim dengan jumlah 14 orang personil. Tim ini akan selalu siaga selama libur Lebaran
Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Badan SAR Nasional (Basarnas) Pasaman yang bertempat di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), menyiagakan personel guna mengantisipasi bencana selama libur Lebaran 2019.

"Kami membuat dua regu tim dengan jumlah 14 orang personil. Tim ini akan selalu siaga selama libur Lebaran," kata Koordinator Basarnas Pasaman, Zulfahmi di Simpang Empat, Minggu. 

Ia mengatakan pihaknya melakukan patroli berpindah-pindah di dalam wilayah kerja Basarnas untuk meninjau dan memantau situasi.

"Kami tidak mendirikan posko tetapi melakukan patroli atau mobile. Patroli sejak H-8 sampai H+8 di sejumlah titik termasuk di objek wisata yang ada," katanya.

Ia menyebutkan untuk wilayah objek wisata Pantai Sasak, pihaknya mulai dari H-1 sampai H+3 akan siaga sebanyak satu tim karena daerah itu setiap tahunnya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

"Tujuannya tentu untuk memberikan pertolongan jika ada warga yang dapat musibah. Kita siap memberikan pertolongan dengan personil dan peralatan yang disediakan," katanya. 

Ia juga meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait dalam pengamanan dan pemantauan Lebaran.

"Di posko pengamanan dan posko pelayanan kita juga datang dan berbaur dalam rangka menciptakan situasi aman selama Lrbaran," ujarnya.

Ia mengajak masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan sebab saat ini cuaca ekstrem. Hujan lebat disertai angin terus terjadi.

"Bagi masyarakat yang hendak berlibur ke tepi pantai dan sungai diharapkan tetap hati-hati. Saat ini cuaca musim hujan," katanya.

 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019