Polisi Siak jadi penumpang kawal kendaraan mudik

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Bus di Jalur Pekanbaru-Duri.(Antaranews/Bayu AA)
Siak (ANTARA) - Jajaran Polres Siak, Riau, melakukan pengawalan langsung  bus-bus yang melintas di seputaran jalur Minas sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya kecelakaan.

"Contohnya, polisi ikut naik ke dalam bus tujuan Medan, Sumatera Utara melakukan pengawalan. Bahkan kita kawal sampai ke perbatasan dengan  Duri, Bengkalis," kata Kepala Satlantas Polres Siak, AKP Birgitta Atviani Wijayanti melalui Brigadir Ariawan Syarif Siregar yang bertugas di jalur tersebut, Minggu.

Contoh lainnya adalah polisi juga melakukan pengawalan untuk bus yang dari Medan ke Sumatera Selatan. Ada tiga bus yang dikawal agar tidak ugal-ugalan membawa penumpang.

Selain itu, Polres Siak juga menyampaikan imbauan di Rumah Makan dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. Contohnya dengan memberikan pendidikan ke masyarakat atau kepada pengemudi bus sedang beristirahat di rumah makan Tuah Sakato Kandis.

Saat ini arus kendaraan dari Pekanbaru-Duri yang melewati wilayahnya di Kecamatan Minas dan Kandis dalam keadaan ramai lancar pada akhir pekan jelang libur Lebaran ini.

"Arus lalu lintas dari Pekanbaru ke arah Duri dalam keadaan ramai lancar. Adapun kendaraan yang mendominasi adalah mobil pribadi dan bus," katanya.

Jalur Pekanbaru-Duri di Minas tersebut juga merupakan Jalur Utara Lintas Riau-Sumatera Utara. Kepadatan arus mudik yang melintasi Kecamatan Minas dan Kandis yang merupakan wilayah Kabupaten Siak itu mulai terlihat sejak memasuki H-6 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Pos Pengamanan dan Pelayanan Polres Siak berada di Kilometer 40 Minas yang hanya satu-satunya Posko Lebaran di Siak. Dua lagi ada di Istana Siak Sri Indrapura hanya pos pengamanan dan di Pelabuhan Tanjung Buton hanya pos pelayanan.

Posko hanya dipusatkan di Jalan Lintas Minas dikarenakan pertimbangan letaknya strategis terhadap sejumlah titik rawannya terjadinya kecelakaan, sehingga diharapkan mudah terpantau dengan unit patroli.

Oleh karena itu dalam tugasnya kepolisian memberikan imbauan kepada pengemudi kendaraan di berbagai tempat dan kesempatan.

Polisi juga mengimbau kepada sopir dan pengemudi agar lebih berhati-hati dalam mengemudi. Kalau ngantuk lebih baik istirahat karena kondisi jalan di Kandis ini banyak ditemukan tikungan, tanjakan maupun turunan.
 

Terminal Pulo Gebang alami peningkatan penumpang

Pewarta:
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019