Jika pemudik melintas di Jalan By Pass Padang maka kelancaran arus bisa tetap terjaga
Padang (ANTARA) - Pihak Kepolisian Resor (Polres) Kota Padang, Sumatera Barat, menyebutkan kendaraan para pemudik yang melintas di Jalan By Pass Padang mulai meningkat.

"Berdasarkan pengamatan lapangan mulai terjadi peningkatan arus kendaraan yang melintas di Jalan By Pass dibandingkan hari sebelumnya, namun masih lancar," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Padang Kompol Asril Prasetya, di Padang, Sumatera Barat, Senin.

Diketahui Jalan By Pass Padang adalah akses jalan untuk kendaraan yang datang dari arah Solok, Pesisir Selatan, atau Bukittinggi.

Jalan By Pass merupakan rekomendasi dari pihak kepolisian, agar kendaraan pemudik tidak masuk ke jalan dalam kota.

"Misalnya pemudik dari Pekanbaru yang hendak ke Kabupaten Pesisir Selatan, maka disarankan langsung masuk ke Jalan By Pass dari jembatan layang," katanya.

Hal tersebut dilakukan agar pemudik terhindar dari padatnya arus arus di dalam kota pada waktu atau titik-titik tertentu.

"Pemudik yang melewati Jalan By Pass akan lebih diuntungkan karena jalannya lebar dan akses kendaraan lancar," katanya.

Terkait arus mudik, ia memperkirakan keramaian kendaraan yang melintas akan berlangsung hingga sore dan tengah malam nanti.

"Jika pemudik melintas di Jalan By Pass Padang maka kelancaran arus bisa tetap terjaga, tanpa begitu terpengaruh oleh peningkatan volume kendaraan," katanya.

Pada bagian lain, kendaraan para pemudik telah tampak melintas di Jalan By Pass Padang, baik kendaraan yang datang dari arah Bukittinggi menuju Pesisir Selatan, Solok, ataupun sebaliknya.

Asril mengatakan untuk pengamanan mudik Lebaran 2019 pihaknya mendirikan 10 pos di sejumlah titik keramaian dengan 75 personel. Pihak kepolisian juga mengantisipasi beberapa titik keramaian seperti pusat perbelanjaan serta lokasi wisata.

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019