Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mengatakan harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional Sungailiat dan pasar Higienis di kota itu pada H - 2 Lebaran masih stabil.

"Hasil monitoring saya langsung di dua pasar tersebut yang didampingi wakil bupati Syahbudin, Kapolres Bangka AKBP M Budi Ariyanto dan sejumlah pejabat di Kabupaten Bangka diketahui harga kebutuhan pokok masyarakat masih stabil atau tidak mengalami lonjakan," katanya di Sungailiat, Senin.

"Harga kebutuhan pokok masyarakat mulai dari daging sapi, daging ayam, bawang merah, bawang putih dan jenis komoditi lainnya masih stabil seperti hari biasa," katanya.

Bupati mengatakan, monitoring langsung ke pasar dengan melibatkan wakil bupati, kapolres dan pejabat terkait untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat yang sengaja dilakukan oleh pedagang.

"Tingginya permintaan kebutuhan pokok masyarakat mendekati Lebaran atau H - 2  jangan sampai dijadikan peluang oleh pihak tertentu untuk menggambil kesempatan dengan menaikan harga secara sepihak," jelasnya.

Bupati menyarankan agar para pelaku usaha kebutuhan pokok masyarakat dapat mengedepankan aturan-aturan yang sebagaimana mestinya dalam melakukan transaksi ekonomi.

Sementara Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Thony Marza mengatakan selain harga kebutuhan pokok masyarakat yang tidak mengalami peningkatan, stok kebutuhan dari sejumlah distributor juga masih cukup aman.

"Hasil koordinasi kami dengan sejumlah distributor pangan termasuk dengan pemerintah provinsi melalui dinas berwenang, dinyatakan pasokan kebutuhan pokok masyarakat di pasar masih tetap aman sampai menjelang H - 1 Lebaran," jelasnya.

Baca juga: Penumpang kapal cepat Palembang-Bangka capai puncaknya

Baca juga: Bupati Bangka Barat nyatakan harga daging relatif stabil

Pewarta: Kasmono
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019