Arus mudik di Pelabuhan Tanjungkalian Babel dipantau Kapolda

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Kapolda Babel Brigjen Istiono, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya didampingi Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto memantau arus mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok. (FOTO ANTARA/ Donatus DP)
Muntok, Babel (ANTARA) - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen (Pol) Istiono didampingi Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung Didit Srigusjaya melakukan pemantauan arus mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

"Pemantauan bersama Forkopimda ini guna memastikan pelaksanaan pelayanan mudik Lebaran tahun 20189 ini berjalan dengan baik karena ada peningkatan, terutama jalur darat dan penyeberangan laut," kata Kapolda Babel Brigjen Istiono di Muntok, Senin.

Menurut dia, pos lalu lintas dan posko pelayanan dan pengamanan Idul Fitri yang ada di Kabupaten Bangka Barat pada tahun ini sudah cukup siap dan sesuai harapan.

"Kami sudah melakukan pemeriksaan di beberapa lokasi, tampaknya mereka siap," ujarnya.

Menurut dia, pada masa mudik Lebaran tahun ini terdapat peningkatan cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, baik penumpang orang maupun jumlah kendaraan yang menyeberang ke Pulau Sumatera dari Pelabuhan Tanjungkalian Muntok.

"Hari ini volume kendaraan sudah menyusut, antrean sudah tidak sepanjang beberapa hari lalu dan semuanya terlayani dengan baik," katanya.

Usai pemeriksaan di posko pelayanan dan pengamanan di Pelabuhan Tanjungkalian, rombongan Kapolda Babel, Ketua DPRD Provinsi Babel, Asisten II Setda Bangka Belitung dan Asisten I Bupati Bangka Barat, Kapolres Bangka Barat, Dandim 0431 dan Manajer PT ASDP Indonesia Feri Cabang Bangka meninjau para pemudik dan kapal feri yang ada di lokasi itu.
 
Kapolda Babel Brigjen Istiono didampingi Kapolres Bangka Barat AKBP Firman Andreanto memantau arus mudik di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok. (FOTO ANTARA/ Donatus DP)


Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Didit Srigusjaya mengatakan Pelabuhan Tanjungkalian Muntok saat ini infrastrukturnya sudah bagus.

"Tinggal pembenahan di beberapa bagian dan masukan dari masyarakat terutama masalah keamanan yang perlu disikapi lagi artinya pengawasan harus lebih ditingkatkan oleh Dinas Perhubungan Babel," katanya.

Ia meminta tahun depan pihak ASDP Indonesia Feri Cabang Bangka menyediakan kipas anging di jalur antrean sepeda motor agar tidak terlalu panas. 

Baca juga: Pelabuhan Tanjungkalian layani 24.656 pemudik

Baca juga: Bupati tinjau arus mudik Pelabuhan Tanjungkalian Muntok

Pemerintah tetapkan 1 Ramadhan 1440 hijriah jatuh pada 6 mei 2019

Pewarta:
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019