Bandung (ANTARA) - Kendaraan beroda empat yang memasuki Kota Bandung pada beberapa pekan terakhir menjelang Lebaran melonjak hingga mencapai 21 ribu.

"Kendaraan yang masuk Kota Bandung sampai saat ini sudah sekitar 21 ribuan," kata Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Agung Reza di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin.

Dia mengatakan angka tersebut melonjak hingga tiga kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Menurutnya pada hari-hari biasa atau selain musim mudik, jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Bandung hanya sekitar 7 ribuan pada saat "weekend" biasa. Sementara pada libur panjang bisa mencapai 15 ribu kendaraan.

"Kita pantau saat ini kendaraan yang masuk ke Kota Bandung itu sudah tiga kali lipat jumlahnya," kata dia.

Dia menyebutkan data arus kendaraan yang didapat tersebut berdasarkan laporan dari beberapa gerbang tol yang ada di Bandung.

"Kita memantau dari gerbang tol Pasteur atau beberapa gate tol di Kota Bandung," kata dia.

Banyaknya kendaraan yang masuk ke Bandung tersebut, kata dia, antara lain warga luar yang mudik ke Bandung, sekedar melintas atau hanya untuk berbelanja menjelang lebaran. Karena beberapa kendaraan tampak memadati sejumlah pusat perbelanjaan di Bandung.

"Jadi memang sebagian kendaraan dari luar yang mungkin orang Bandung kerja di luar, sekarang sudah kembali. Atau yang berbelanja. Sehingga aktivitas sudah padat khususnya di area-area atau lokasi wisata belanjanya," katanya.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019