Tentunya kami mengantisipasi padatnya kendaraan roda dua dan roda empat, karena seluruh aktivitas pelaksanaan shalat Idul Fitri dipusatkan di Masjid Al-Munawwar
Ternate (ANTARA) - Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polda Maluku Utara (Malut) akan menyiapkan areal parkir di kawasan Masjid Raya Al-Munawwar, Ternate, guna mengurai tingkat kemacetan saat pelaksanaan shalat Idul Fitri 1440 Hijriah yang dipusatkan di masjid tersebut.

"Tentunya kami mengantisipasi padatnya kendaraan roda dua dan roda empat, karena seluruh aktivitas pelaksanaan shalat Idul Fitri dipusatkan di Masjid Al-Munawwar," kata Dirlantas Polda Malut, Kombes Pol Abrianto di Ternate, Selasa.

Menurut dia, penyediaan areal parkir di sejumlah lokasi itu karena Pemkot Ternate, di hari raya yang sebelumnya melakukan pemusatan shalat Idul Fitri di Gelora Kieraha Ternate, telah dialihkan ke Masjid Al-Munawwar, sehingga dikhawatirkan kendaraan menutupi jalan hingga ke Jalan Pahlawan Revolusi.

Polda sendiri telah menyiapkan lokasi di kawasan Taman Nukila, Bank BPRS Bahari Berkesan, Jatiland Mall, jalan masuk Masjid Al-Munawwar, sehingga kendaraan yang akan melewati kawasan itu saat pelaksanaan shalat Idul Fitri harus mengalihkan ke jalan yang lain, karena akan ditutup.

Selain itu, pihaknya akan melakukan rekayasa jalan menjadi satu arah dari arah selatan, agar tidak terjadi kemacetan saat umat Muslim di Ternate melaksanakan shalat Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pemerintah Kota Ternate sendiri sebelumnya setiap Idul Fitri menggelar shalat di lapangan Gelora Kieraha Ternate, tetapi untuk tahun2019 saat ini memutuskan untuk melaksanakan shalat Idul Fitri bersama-sama jamaah di Masjid Raya Al-Munawwar Ternate.

Pemkot sendiri bekerja sama dengan pihak terkait menetapkan shalat Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019 di Masjid Al-Munawar Kota Ternate.

Kabag Kesra Setda Kota Ternate , Mujais Wulanda saat dihubungi secara terpisah mengatakan, Pemkot Ternate bekerja sama dengan panitia Peringatan Hari Besar Indonesia (PHBI), Badan Ta’mir Masjid (BTM) Al-Munawar Kota Ternate, sudah menetapkan shalat Idul Fitri 1440 Hijriah Tahun 2019 di Masjid Al-Munawar Ternate.

Sedangkan untuk khatib  yaitu ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ternate, Usman dan untuk imam adalah dari Masjid Al-Munawar, yakni  ustadz Al-Amri.

Baca juga: Ternate potensial jadi tujuan wisata religi di bulan Ramadhan

Baca juga: Warga Ternate meriahkan tradisi malam lailatulkadar

Baca juga: Sambut tahun baru, zikir digelar di masjid-masjid Kota Ternate
 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019