Jakarta (ANTARA) - Tidak ada keberangkatan kapal penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada H-1 Idul Fitri 1440H, Selasa.

"Hari ini untuk kapal penumpang tidak ada yang berlayar, namun untuk kapal barang masih ada aktivitas," ujar Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Wim Hutajulo Kasielala.

Menurutnya, ketidaksediaan kapal yang berangkat pada H-1 Lebaran merupakan hal yang wajar, dikarenakan penumpang pada waktu tersebut sudah hampir tidak ada.

"Penumpang di H-1 Lebaran sudah tidak banyak, selain itu kapal juga butuh 'spare' waktu untuk melakukan perjalanan," tambah Wim.

Berdasarkan data dan jadwal di Posko Terpadu Harian Kementerian Perhubungan yang terletak di depan Terminal Penumpang Nusa II Pelabuhan Tanjung Priok, keberangkatan dari pelabuhan ini akan mulai hadir kembali pada hari pertama arus balik, Sabtu (8/6).

Tak hanya kapal-kapal dari program "Mudik Gratis" Kementerian Perhubungan dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI), kapal-kapal penumpang umum lainnya juga akan berlayar pada hari pertama arus balik tersebut.

Sementara itu, jumlah pemudik yang menggunakan angkutan kapal di Pelabuhan Tanjung Priok hingga H-2 mudik lebaran 2019 (3/6) berjumlah 40.507 orang.
Terminal Penumpang Nusa II Pelabuhan Tanjung Priok terlihat sepi dan tidak ada aktivitas keberangkatan kapal penumpang di Tanjung Priok, Jakarta Utara (4/6/2019). (ANTARA/Dea N. Zhafira)

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019