Toko yang masih buka itu biasanya juga akan tutup saat hari pertama hingga hari kedua dan ketiga Lebaran. Biasanya, para penjaga toko itu merayakan Idul Fitri dulu dilanjut dengan liburan
Palangka Raya (ANTARA) - Menjelang perayaan Lebaran 2019 sejumlah pertokoan yang tersebar di beberapa wilayah di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mulai sepi dari aktivitas jual beli.

Rohman, penjaga parkir di salah satu toko yang tetap buka pada H-1 Lebaran, di Palangka Raya, Selasa, mengatakan meski toko yang dijaganya tetap buka tetapi jumlah pengunjung tak seramai hari biasanya.

"Toko di sekitar sini masih sepi, pemilik meliburkan karyawannya untuk Lebaran. Informasi dari penjaga toko libur sampai habis Lebaran yang rata-rata buka pada Minggu (9/6)," kata Rohman yang menjaga toko di kawasan Jalan A Yani Palangka Raya itu.

Dia menambahkan dari deretan toko di sekitar lokasi itu, saat ini hanya ada beberapa yang tetap buka. Itu pun karena pemilik dan penjaganya warga Palangka Raya.

"Toko yang masih buka itu biasanya juga akan tutup saat hari pertama hingga hari kedua dan ketiga Lebaran. Biasanya, para penjaga toko itu merayakan Idul Fitri dulu dilanjut dengan liburan," kata dia.

Sepinya pengunjung itu, juga diakui Yuliana, salah satu penjaga toko di Jalan Dr Murjani Palangka Raya yang menjajakan telepon genggam dan aksesorisnya.

"Mungkin karena warga masih banyak yang di kampung atau masih dalam perjalanan makanya toko sepi pembeli. Toko sebelah yang menjual sembako, baju, dan sepatu pun juga belum buka. Informasi dari teman yang menjaga toko tersebut pekan depan baru mulai buka," kata perempuan berumur 27 tahun itu.

Pantauan ANTARA pada Selasa, sejumlah toko yang masih belum melakukan aktivitas jual beli tersebut, seperti di Jalan A Yani, Jalan Dr Murjani, Jalan Darmo Sugondo,Jalan Seth Aji, Jalan RTA Milono, Jalan Tjilik Riwut, serta Jalan Yos Sudarso.

Di lokasi-lokasi pertokoan tersebut hanya nampak sejumlah pedagang yang tetap membuka tokonya, sedangkan sebagian besar toko lainnya tak nampak ada aktivitas jual beli.

Di beberapa wilayah pertokoan di "Kota Cantik" itu, juga hanya terlihat beberapa pengunjung melakukan transaksi. Hal itu pun lebih pada toko penyedia bahan pangan. Bahkan, beberapa toko masih terlihat pengumuman yang ditulis tangan yang menyatakan pegawai sedang libur Idul Fitri.

Terkait dengan pengamanan kawasan pertokoan serta objek vital lainnya yang sepi karena ditinggal libur Lebaran, pada kesempatan sebelumnya Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar menyatakan telah menyiapkan beberapa strategi pengamanan.

"Selain mendirikan posko pengamanan di lokasi yang dianggap rawan, kami juga meningkatkan intensitas patroli para anggota di lapangan," katanya.

 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019