Kami yakin bahwa arus lalu lintas yang biasanya menggunakan menggunakan jalur selatan itu berpindah ke jalur pantura atau menggunakan Tol Trans Jawa
Bandung (ANTARA) - Hingga dua hari menjelang lebaran, berdasarkan data yang dihimpun Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung, sekitar 30 persen kendaraan pemudik yang biasa melintasi jalur selatan untuk menuju kampung halamannya, kini beralih melalui jalur utara.

"Setelah kita hitung juga kalkulasi, hampir 30 persen volume lalu lintas yang menggunakan jalur Nagreg biasanya di tahun 2018, kemungkinan berpindah ke Pantura," kata Humas Dishub Kabupaten Bandung, Ruddy Heryadi di Posko Induk Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung, Selasa.

Apalagi, menurutnya hal tersebut bisa terlihat dari padatnya kendaraan yang menggunakan Tol Trans Jawa dengan sistem satu arah dengan lancar.

"Kami yakin bahwa arus lalu lintas yang biasanya menggunakan menggunakan jalur selatan itu berpindah ke jalur pantura atau menggunakan Tol Trans Jawa," kata dia.

Dari sepekan menjelang lebaran sampai H-2 atau Senin (3/6), Traffic Count (TC) Dishub Kabupaten Bandung mencatat arus pemudik ke arah timur yang melalui jalur Nagreg ada sebanyak 437.256 kendaraan. Baik kendaraan pribadi, kendaraan roda dua, maupun moda transportasi umum.

Berdasarkan angka tersebut, jumlah pemudik yang melintasi jalur selatan, khusunya Nagreg kini mengalami penurunan dibanding tahun 2018.

Misalnya pada H-2 tahun 2018, pemudik yang melintasi Nagreg sebanyak 142.417 kendaraan. Namun di hari yang sama pada tahun ini sampai jam 20.00 WIB, tercatat hanya ada sebanyak 82.923 kendaraan.

Dengan jumlah tersebut, pemudik yang melintasi jalur selatan ada penurunan sampai 41,7 persen. Padahal H-2 tahun 2018 merupakan puncak volume kendaraan yang mengarah ke timur di Nagreg.

Menurutnya saat ini pemudik memiliki banyak pilihan dengan adanya jalur alternatif yang memudahkan para pemudik menuju kampung halamannya.

"Jadi untuk H-1 kemungkinan ada peningkatan lalu lintas, tapi kita belum bisa memastikan," katanya.

Baca juga: Volume kendaraan melalui Nagreg turun dibanding 2018
Baca juga: Kapolres: Arus mudik jalur selatan Jateng telah mencapai puncak
Baca juga: Jalur selatan Cianjur didominasi pemudik roda dua


Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019