Banjarmasin (ANTARA) - Satuan Reserse Kriminal Polresta Banjarmasin mengimbau kepada para pemudik yang ingin ke luar kota agar selalu mewaspadai kemungkinan terjadinya  ancaman kejahatan.

"Hati-hati saat mudik jangan lengah dan selalu fokus dengan tujuan bila lelah mampir di rest area yang disiapkan oleh Polres-Polres setempat," kata Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin AKP Ade Papa Rihi di Banjarmasin, Selasa.

Dikatakannya, kejahatan jalanan yang wajib diwaspadai itu di antaranya aksi jambret atau biasa dikenal raja tega, aksi begal dan ketiga aksi pencurian kendaraan bermotor.

Ia mengatakan lebih utama adalah aksi jambret jangan pernah membawa barang-barang berharga yang memancing orang untuk berbuat jahat.

Selain itu, ujarnya  pakai perhiasan seperlunya saat mudik jangan seperti toko mas berjalan itu sama saja membuat aksi kejahatan kepada diri sendiri. "Kami sarankan berangkat mudik pagi atau siang hari di saat orang sedang ramai di jangan jalan di malam hari itu sedikit berbahaya," tutur alumni Akpol angkatan 2006 itu.

AKP Ade terus mengatakan, apabila terjadi aksi kriminalitas terhadap para pemudik segera lapor ke Polsek terdekat atau ke pos pos pengamanan yang ada didirikan di pinggir jalan.

"Semoga tahun ini arus mudik berjalan lancar dan dijauhkan dari aksi kriminalitas serta taati aturan lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas," tambahnya.

Baca juga: Polres Bangka Tengah antisipasi kejahatan jalanan

Baca juga: Polres Pelabuhan Tj Priok: Tidak ada kejahatan pada pemudik hingga H-7

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019