Ganjar Pranowo: Persatuan lintas iman masyarakat Banyumas luar biasa

Government sets beginning of fasting on May 6
Dari kiri ke kanan: Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono, Bupati Banyumas Achmad Husein, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berdoa usai melaksanakan salat Id di Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (5-6-2019). (Foto: Sumarwoto)
Purwokerto, Jawa Tengah (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa persatuan dan kesatuan masyarakat beda agama atau lintas iman di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Banyumas, sangat luar biasa.

“Luar biasa di Banyumas ini lintas imannya kuat, mereka juga saling membantu setiap ada hari besar,” katanya saat ditemui usai salat Id di Alun-Alun Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu.

Menurut dia, persatuan dan kesatuan di daerah itu sangat kuat.

"Para penjaga salat Id di sini bahkan turut memungut sampah semua dan ternyata sudah lebih dari 10 tahun hal ini terjadi," jelasnya.

Selain itu, dia juga pernah mengunggah foto di Instagram yang mencerminkan indahnya keberagaman agama yang terjadi di Purwokerto.

"Satu gambar di mana dalam dua kamar yang berdekatan satu lagi salat; satu lagi beribadah, yang mana satu muslim satunya Kristen, dan ternyata itu terjadi di RS Elizabeth, Purwokerto," katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Provinsi Jawa Tengah, khususnya Purwokerto, yang telah berhasil memberikan gambaran yang baik dalam menjalani kehidupan yang rukun di tengah adanya berbagai perbedaan, termasuk perbedaan agama.

“Masyarakat Purwokerto dan Banyumas ini lintas imannya bagus sekali, rasa kebangsaannya menonjol dan kerukunannya sangat tampak. Itu terwujud dari perayaan dari salat Id tadi,” katanya.

Sebelumnya, Pranowo salat Idulfitri bersama keluarga di Alun-Alun Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu pukul 07.00 WIB.

Pemerintah desa wajib siapkan tempat isolasi bagi pemudik

Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019