Hampir seluruh toko di Pasar Raya Padang tutup

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Suasana pertokoan di salah satu sudut Pasar Raya Padang pada Rabu siang (5/6) (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)
Padang, (ANTARA) - Memasuki hari pertama Idul Fitri 1440 Hijriah hampir seluruh pertokoan di pasar terbesar di Padang yaitu Pasar Raya tutup.

Berdasarkan pantauan pada Rabu mulai dari Jalan Imam Bonjol tepatnya di Atom Center terus Pasar Raya fase I hingga IV hampir tak ada pertokoan yang buka.

Tidak hanya itu pertokoan Inpres IV, Koppas Plaza hingga ke Blok A juga terpantau sepi dan tak ada aktivitas. Akan tetapi sejumlah pedagang makanan tetap buka di pusat kuliner yang berada di samping Balai Kota Lama Padang.

Selain itu saat menyusuri jalan di depan Koppas Plaza para pedagang kaki lima (PKL)  tetap menggelar lapak di bahu jalan. PKL tersebut berjualan pakaian hingga aksesoris dan terlihat mulai menggelar barang dagangannya, tidak hanya itu pedagang mainan dan kembang api juga terlihat berjualan.

Salah seorang PKL yang berjualan pakaian Riki sengaja berjualan pada hari pertama Lebaran karena biasanya menjelang sore akan ramai pembeli.

Ia berharap mendapatkan rezeki Lebaran terutama dari anak-anak yang hendak berbelanja setelah melaksanakan tradisi "manambang".

Sementara di Jalan Permindo Padang juga hampir seluruh pertokoan baik di sisi kiri maupun kanan tutup. Terus ke Jalan Patimura yang juga dikenal sebagai salah satu pusat jajanan kuliner juga terlihat lengang dan tak ada pedagang yang berjualan.

Kemudian pertokoan yang ada di Jalan Olo Ladang hingga belakang Plaza Andalas dan Jalan M Yamin juga tutup.

Demikian juga pertokoan yang ada di jalan Hiligo dan yang ramai terlihat hanya penjual makanan dan minuman. Pada sisi lain pusat permainan anak di sisi kanan Lapangan Imam Bonjol terlihat beroperasi kendati masih sepi pengunjung.

Baca juga: Padang unggulkan wisata pantai dan pulau liburan Lebaran

Baca juga: Wali Kota Padang: Jangan coba-coba memungli saat libur Lebaran

Ratusan pedagang di Pasar Raya Padang jalani tes swab

Pewarta:
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019