Lazisnu Taiwan zakat ribuan muzaki ke 85 lokasi di Inonesia

Government sets beginning of fasting on May 6
Relawan Lazisnu Taiwan menyerahkan zakat fitrah kepada seorang warga Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (4/5). (Lazisnu Taiwan)

Taipei (ANTARA) - Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Taiwan menyalurkan zakat fitrah yang dihimpun dari 2.301 muzaki ke 85 lokasi di Indonesia.

“Jumlah muzaki tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.900-an muzaki,” kata Ketua Lazisnu Taiwan, Nur Kholiq, di Taipei, Rabu.

Ia menyebutkan, zakat fitrah yang disalurkan kepada para muzaki di Indonesia hingga Selasa (4/6) mencapai 402.675 NT atau setara Rp181,2 juta dengan nilai tukar 1 NT sama dengan Rp450.

Para fakir miskin dan anak yatim yang menerima penyaluran zakat fitrah dari Lazisnu Taiwan tersebar di 85 wilayah, di antaranya Lombok, Bali, Jawa, Madura, dan Sumatera. “Alhamdulillah tahun ini kami juga bisa menyalurkan zakat ke Provinsi Jambi dan DKI Jakarta. Dulu dua daerah tersebut belum bisa kami sentuh,” katanya.

Zakat fitrah tersebut dihimpun dari para warga negara Indonesia di Taiwan yang kebanyakan dari kalangan pekerja migra. Penghimpunan zakat fitrah dilakukan pada periode 12 Mei-4 Juni 2016 dalam bentuk uang sebesar 200 NT per kepala.

Selain zakat fitrah, Lazisnu Taiwan juga menerima dan menyalurkan zakat maal dan fidiah. Sampai saat ini zakat maal yang sudah disalurkan Lazisnu Taiwan ke Indonesia sebesar 4.000 NT, sedangkan fidiah sebesar 15.130 NT. (

Polresta Solo bagikan 1000 zakat fitrah

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019