Tangerang (ANTARA) - Dinas Perhubungan  Kota Tangerang Banten mengimbau para pengendara tetap mematuhi aturan lalu lintas meski saat ini kondisi jalan  terbilang sepi karena banyak warga yang mudik ke kampung halaman.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar di Tangerang Kamis menjelaskan, ruas jalur mudik di Kota Tangerang terpantau lenggang sejak  Rabu kemarin.

"Meski kondisi sekarang lenggang dan warga melakukan silaturahim ke beberapa wilayah. Tetapi kami imbau tetap taat lalu lintas dan menggunakan pelindung diri seperti helm," ujarnya.

Dari hasil pantauan petugas di lapangan, banyak warga yang hilir mudik ke sejumlah wilayah dalam melaksanakan silaturahim Lebaran. Sedangkan untuk pemudik, masih ada beberapa yang melakukan perjalanan di malam hari yang menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

Aktivitas pemudik yang terpantau padat terlihat pada saat malam takbiran. Setelah itu, jumlahnya mengalami penurunan hingga kini.

Sedangkan untuk arus balik  Lebaran, diperkirakan akan mulai terjadi hari Jumat malam hingga Minggu malam.

"Arus balik diperkirakan terjadi akhir pekan. Kita sudah siapkan personel lapangan untuk mengatur lalu lintas," ujarnya.

Sebanyak 290 personel diterjunkan untuk mendukung pengamanan mudik dan libur Lebaran. Jumlah itu akan ditambah 172 personel dari Kepolisian Polres Metro Tangerang Kota.

Fasilitas pendukung lainnya yang disiapkan pun seperti rambu penunjuk jalan, CC Room, dan peralatan imbauan portable yang nanti dipasang khususnya di terminal.

Petugas pun akan memberikan imbauan kepada pemudik yang membawa barang berlebihan demi keselamatan bersama.
 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019