Destinasi wisata Kota Cirebon wajib dikunjungi saat libur Lebaran

Government sets beginning of fasting on May 6
Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat, salah satu destinasi wisata sejarah di Kota Udang. (ANTARA/Khaerul Izan)
Cirebon (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Cirebon, Jawa Barat, mendata beragam destinasi wisata di Kota Udang yang terletak di jalur pantura, baik sejarah, budaya, kuliner maupun alamnya yang bisa menjadi salah satu pilihan saat libur Lebaran 2019/Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Kalau di Kota Cirebon ini ada banyak pilihan destinasi wisata, namun yang terbanyak merupakan wisata sejarah dan budaya," kata Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon Edi Bagja di Cirebon, Kamis.

Dia menyebutkan untuk wisata sejarah dan budaya misalnya di Kita Cirebon terdapat situs bersejarah yang sudah sangat terkenal, seperti Keraton Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan dan Keprabonan.

Selain itu juga ada Taman Sari Goa Sunyaragi, Taman Kera Kalijaga dan beberapa situs sejarah yang sudah terkenal. Di Kota Cirebon juga ada berbagai wisata kesenian dan budaya seperti tari topeng, sintren dan beragam lainya.

"Kita juga mempunyai wisata alam seperti Pantai Kejawanan dan juga wisata permainan Cirebon Waterland Ade Irma Suryani," ujarnya.

Tidak hanya wisata sejarah dan budayanya saja yang terkenal, Kota Cirebon juga mempunyai wisata kuliner yang bisa memanjakan para penikmat kuliner nusantara.

Seperti masakan khas Cirebon empal gentong, nasi jamblang, nasi lengko, tahu gejrot, mie koclok, sate kalong dan beberapa kuliner lainnya.

"Kalau ingin pulang ada juga beberapa tempat wisata belanja sebagai oleh-oleh khas Cirebon seperti di Pasar Pagi dan Kanoman," katanya.

Warga berebut air jimat bekas siraman Gong Sekati Cirebon

Pewarta:
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019