Tanjungpinang (ANTARA) - Jumlah penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang membludak pada H+2 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

General Manager PT Pelindo I Kota Tanjungpinang, Arif Indra Perdana di Tanjungpinang, Jumat mengatakan, jumlah penumpang kapal rute Batam-Tanjungpinang atau sebaliknya hari ini  tercatat 6.237 orang, sementara sehari sebelumnya 3.358 orang.

"Ada kenaikan 100 persen. Hari kedua Lebaran ditambah satu kapal untuk ekstra pelayaran. Feri berlayar dari Tanjungpinang menuju Batam pukul 18.00 WIB," ujarnya.

Arif mengemukakan pada hari ketiga Idul Fitri 1440 Hijriah hingga pukul 13.20 WIB mencapai 3.826 orang. Jumlah penumpang pada hari ini diperkirakan meningkat tajam.

"Ada kecenderungan jumlah penumpang bergerak terus hingga nanti sore," ucapnya.

Ia mengemukakan penumpang yang berangkat ke Batam maupun tiba di Pelabuhan SBP bukan hanya beralasan mudik, melainkan juga balik karena Senin pekan depan sudah harus bekerja. Penumpang lainnya juga yang datang ke Tanjungpinang untuk berlibur.

"Ada yang datang untuk berlibur ke Bintan melalui Pelabuhan SBP," ucapnya.

Salah seorang warga di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Roni, mengaku berangkat ke Batam setelah berlebaran di rumah keluarganya selama dua hari.

"Saya harus berangkat ke Pekanbaru hari ini melalui Bandara Hang Nadim Batam, karena Senin mulai kerja," katanya.

Sementara Erni, warga Batam yang baru tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, mengaku ingin berlebaran ke rumah rekan-rekannya di Tanjungpinang.

"Dahulu, saya sekolah di Tanjungpinang. Banyak teman sekolah saya di Tanjungpinang. Sekarang saya mau bersilaturahmi," tuturnya.

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019