Bantul (ANTARA) - Puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah memadati kawasan objek wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada satu hari setelah hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah atau Jumat (7/6).

"Untuk H+1 ini jumlah pengunjung pantai dari pukul 06.00 WIB sampai 16.00 WIB kurang lebih sekitar 22 ribu orang," kata Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Induk Pantai Parangtritis Bantul Rohmad Ridwanto di Bantul, Jumat sore.

Menurut dia, jumlah kunjungan tersebut yang terpantau dari penjualan tiket masuk di TPR atau pintu masuk wisata itu, sehingga angka wisatawan tersebut terus bertambah karena hingga Jumat sore wisatawan terus berdatangan.

Dia mengatakan, wisatawan ke objek wisata Parangtritis mayoritas berasal dari luar daerah atau pemudik yang berwisata ke Yogyakarta, hal itu terlihat dari kendaraan yang masuk TPR berplat dari Jakarta (B), Bandung (D) dan Surabaya (L).

"Mayoritas kendaraan pribadi roda empat dan sebagian kecil sepeda motor," kata Rohmad.

Dia mengatakan, peningkatan kunjungan ke Pantai Parangtritis pada Jumat ini terjadi mulai siang dan lonjakan terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, bahkan mengakibatkan antrean panjang kendaraan di depan TPR masuk wisata.

"Seperti hari ini kepadatan terjadi pada jam 15.30 WIB, kalau pagi juga ramai namun arus lancar, dan biasanya setelah jam 17.30 WIB wisatawan masuk berkurang dan setelah waktu magrib tinggal arus balik," katanya.

Pantauan di kawasan pantai, wisatawan mulai dari anak-anak hingga orang tua memadati pinggir pantai, sebagian dari mereka asyik bermain air dan mengabadikan gambar dengan kamera ponsel.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019