Kami tetap berpatokan pada imbauan dari BMKG dan Syahbandar. Kalau ada larangan ya kami tutup, kalau sudah aman kami buka kembali.
Kupang (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Kupang, Nusa Tenggara Timur, tetap melayani arus balik Idul Fitri 1440 Hijriah untuk semua rute pelayaran di provinsi berbasis kepulauan itu.

"Kami tetap membuka pelayaran sesuai dengan jadwal pada rute masing-masing hingga saat ini," kata Kepala Cabang PT. ASDP Kupang Burhan Z kepada Antara di Kupang, Sabtu.

Ia menyampaikan hal tersebut berkaitan dengan kesiapan dari PT  ASDP Kupang soal arus balik lebaran yang beberapa rute masih ditutup karena dihadang cuaca buruk berupa gelombang besar dan angin kencang.

Salah satu rute penyeberangan  yakni rute Kupang-Sabu Raijua yang masih ditutup akibat  gelombang tinggi.

Ia menambahkan bahwa walaupun tetap memberikan pelayanan tetapi tetap memperhatikan cuaca di laut saat arus mudik.

"Kami tetap berpatokan pada imbauan dari BMKG dan Syahbandar. Kalau ada larangan ya kami tutup, kalau sudah aman kami buka kembali," ujar dia.

Pihaknya tidak ingin mengambil risiko jika membuka penyeberangan saat cuaca buruk karena akan berdampak buruk bagi pelayaran.

Saat ini kata dia sejumlah pemudik sudah mulai kembali ke Kupang, setelah sberlibur ke kampung halaman.

Namun kata dia jumlahnya belum signifikan, karena prediksi ASDP puncak arus mudik terjadi pada H+4 atau pada Minggu (9/6) besok.

BMKG Stasiun El Tari Kupang  menyatakan bahwa cuaca buruk di perairan NTT dipicu perbedaan tekanan udara antara Australia dan Asia.

Kondisi itu diperkirakan akan berlangsung hingga Agustus 2019, kecuali ada gangguan di wilayah Australia yang mengganggu konsentrasi angin yang melewati wilayah NTT.
Baca juga: ASDP Kupang: Lintasan penyeberangan Kupang-Sabu masih ditutup
Baca juga: ASDP Kupang berlakukan buka tutup pelayaran Kupang-Rote

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019