Waktu untuk arus balik ini lebih pendek dibandingkan dengan arus mudik. Di mana pada arus mudik itu traffic rata karena masa liburnya panjang.
Cirebon (ANTARA) - PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku operator jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) memprediksi puncak arus balik kendaraan dari arah Jawa ke Jakarta terjadi pada Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6).

"Puncaknya (arus balik libur Lebaran) diprediksi hari ini (Sabtu 8/6) dan besok (Minggu 9/6)," kata Vice President Director PT LMS Firdaus Aziz di GT Palimanan, Cirebon, Sabtu, kepada awak media.

Menurut dia, waktu untuk arus balik ini lebih pendek dibandingkan dengan arus mudik. Di mana pada arus mudik itu traffic rata karena masa liburnya panjang.

Ia mengatakan pada Jumat (7/6) total kendaraan yang melintas di Tol Cipali mencapai 85 ribu kendaraan, angka tersebut masih rendah dibandingkan angka tahun lalu.

"Namun volume kendaraan yang melintas di tol akan terus meningkat," ujarnya.

Dia memprediksi masih ada sekitar 400 ribu kendaraan yang akan melintas di Tol Cipali. Karena total volume kendaraan yang melintas dari H-10 hingga Jumat (7/6) kemarin mencapai sekitar 900 ribu.

Dengan rincian 600 ribu di antaranya merupakan kendaraan yang melintas dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan saat ini baru 200 ribu kendaraan yang melintasi Tol Cipali.

"Kalau tahun lalu mencapai sekitar 870 ribu dan pertumbuhannya hanya 3,4 persen asumsi kita sampai 18 persenan. Masih jauh semoga tetap bertambah," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019