Purwakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga dan pihak kepolisian akan melakukan sistem buka-tutup "rest area" di jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik Lebaran 2019.

"Rekayasa buka-tutup rest area ini tindak lanjut dari Rapat Koordinasi dan Evaluasi Arus Balik hari pertama," kata Corporate Communications Department Head PT Jasa Marga Irra Susiyanti, di Cikampek, Sabtu.

Rapat koordinasi di Posko Pantau Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama itu dihadiri perwakilan PT Jasa Marga, Korlantas Polri, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dan Kepala Biro Pusat Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengatakan, pihak kepolisian akan mendukung penuh pelaksanaan buka tutup rest area arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Terkait dengan hal itu, pihaknya akan menindak tegas pengguna jalan yang berhenti sembarangan di bahu jalan tol.

"Kami akan menambah petugas Kepolisian wilayah di masing-masing area agar titik-titik kepadatan menjelang rest area dapat diantisipasi lebih dini. Selain itu, petugas kepolisian juga akan membantu proses buka tutup rest area secara situasional," katanya.

Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur menyebutkan, rekayasa buka tutup rest area dilakukan secara situasional.

Pihaknya tetap mengimbau pengguna jalan untuk sedapat mungkin menghindari rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada saat rekayasa one way berlangsung. 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019