Medan (ANTARA) - Pesawat keberangkatan penumpang domestik arus balik di Bandara Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara pada H+3 Lebaran hari ini, Minggu tercatat 73 unit penerbangan, dan lebih banyak dari H+2 (Sabtu,8/6) hanya berjumlah 37 unit penerbangan.

Pemantauan Antara di Bandara Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Minggu sore, untuk pesawat kedatangan domestik ada 74 unit penerbangan.

Total pesawat keberangkatan dan kedatangan domestik di Bandara Udara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang berjumlah 147 unit penerbangan.

Selain itu jumlah penumpang pemberangkatan domestik 10.328 orang dan kedatangan 7.610 orang.Total penumpang seluruhnya mencapai 17.938 orang.

Sebelumnya, pesawat keberangkatan penumpang domestik arus balik di Bandar Udara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (8/6) pada H+3 Lebaran Tahun 2019, hanya berjumlah 37 unit penerbangan.

Sedangkan pesawat kedatangan domestik hanya berjumlah 35 unit penerbangan.Total pesawat keberangkatan dan kedatangan domestik di Bandar Udara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang berjumlah 72 unit penerbangan.

Data yang diperoleh dari Posko PT Angkasa Pura II (Persero) menyebutkan jumlah penumpang pemberangkatan domestik 4.064 orang dan kedatangan 3.024 orang.Total penumpang seluruhnya mencapai 7.808 orang.

Dari segi fasilitas dan infrastruktur Bandar Udara Internasional Kualanamu mampu melayani pendaratan dan penerbangan pesawat berbadan besar, yakni Airbus A380 dan pesawat sejenisnya.

Bandara Internasional Kualanamu juga mampu menampung 35 pergerakan pesawat per jam. Namun, saat ini baru melayani 22 pergerakan per jam.

Saat Lebaran bisa meningkat hingga 24 sampai dengan 25 pergerakan sehingga slot masih terbuka lebar bagi airlines yang berencana menambah penerbangannya ke Bandara Kualanamu. Hal itu sejalan dengan program PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019