Arus balik Lebaran di Sumsel lancar

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Arus balik kendaraan pemudik mulai ramai melintasi Jalan Tol Trans Sumatera Sumsel-Lampung (Antara Lampung/Hisar Sitanggang)
Palembang (ANTARA) - Arus balik Lebaran di wilayah Provinsi Sumatera Selatan berlangsung aman dan lancar tidak ada hambatan yang berarti.

Berdasarkan evaluasi saat puncak arus balik hari terakhir pada Minggu(9/6) kondisi keamanan para pemudik cukup terkendali dan tidak ada hambatan, kata Kapenrem 044/Garuda Dempo Mayor Inf Binsar J Simanjuntak di Palembang, Senin.

Begitu juga arus kendaraan walaupun padat tetapi berjalan dengan lancar.

"Hal yang jelas, Komando Distrik Militer bersama Polres se-Sumsel terus melakukan pemantauan dalam pengaman arus mudik dan balik cuti lebaran tahun ini.

Sebagaimana pemantauan di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Lahat arus balik cukup lancar.

Kegiatan pengamanan arus mudik lebaran di pos- pos pengamanan operasi ketupat Musi 2019 Kabupaten Ogan Komering Ilir melibatkan kerja sama dengan TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol terlihat para aparat pemerintah saling bahu membahu untuk mengamankan seluruh pemudik yang kembali setelah lebaran.

Jadi kendaraan yang melaksanakan perjalanan dari Palembang melintasi Ogan Komering Ilir dan arus balik yang dari Lampung menuju Palembang berjalan lancar.

Sementara berdasarkan laporan anggota Kodim 0402/Ogan Komering Ilir Sertu Sukirman mengatakan, situasi dan kondisi yang terjadi di pos Pam lebaran wilayah tanggung jawabnya tidak ada kejadian yang menonjol, semua berjalan aman dan lancar.

Memang dari hasil pemantauan kepadatan kendaraan yang lalu lalang melintasi jalan lintas timur ini masih dalam keadaan lancar dan terkendali.

Namun yang menjadi perhatian agak padat dan menimbulkan kemacetan panjang malah terjadi pada saat hari H lebaran.

Hal ini dimana lalulintas sangat padat terutama di sepanjang pasar Ogan Komering Ilir akibat banyaknya kendaraan yang digunakan para pengguna jalan untuk melaksanakan kunjungan ke leluhur mereka di beberapa titik pemakaman umum yang berada sepanjang jalan Lintas Timur itu.

Dengan demikian sehingga jalanan menumpuk hingga memenuhi kanan dan kiri bahu jalan.

Pihaknya bersama tim terus mengantisipasi kemacetan disepanjang jalur ini akan berusaha mengatur dan mengarahkan para pengemudi agar tidak saling berebutan jalan yang akan menimbulkan kemacetan.

Namun apabila terjadi kemacetan panjang, rekan dari Satlantas Polres Ogan Komering Ilir juga sudah menyiapkan jalur alternatif untuk mengantisipasi macet panjang.

Begitu juga arus mudik dan balik Lintas Tengah Sumatera seperti di Kabupaten Lahat cukup terkendali.

Berdasarkan pemantauan dari pos Pam Lematang ada sekitar ribuan kendaraan yang sudah mulai kembali ke daerah asal masing masing yang melintas di jalur Lintas Tengah Sumatera tersebut.

BPOM kawal UMKM pangan NTB untuk pasar ekspor

Pewarta:
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019