Arus balik Lebaran di ASDP Ternate turun

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Suasana di Pelabuhan PT ASDP Feri Cabang Ternate (ANTARA/Abdul Fatah)
Ternate (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Feri Cabang Ternate mencatat jumlah penumpang dan kendaraan pada puncak arus mudik dan balik Lebaran 2019 mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Untuk calon penumpang memang tahun ini menurun, sementara untuk kendaraan, baik untuk roda dua maupun kendaraan roda empat naik, masing-masing tujuah persen dan lima persen, khusus untuk tujuan antarpulau di Malut," kata Manager PT ASDP Ternate Marssadik di Ternate, Selasa.

Dari total jumlah penumpang pada arus mudik dan balik untuk rute pelayaran Ternate-Rum, Kota Tidore Kepulauan atau sebaliknya 11.474 orang, sedangkan untuk rute Ternate-Sofifi 9.629 orang, dan tujuan Ternate-Sidangoli, Kabupaten Halmahera Barat 3.919 orang.

Dia mengatakan untuk calon penumpang rute pelayaran tujuan Pulau Moti 356 orang dan untuk tujuan Pulau Makian 889 orang, sedangkan rute Ternate-Bitung, Sulawesi Utara untuk tahun ini masih normal 441 orang.

Selain itu, kata dia, untuk kendaraan roda dua tercatat 2.856 unit dan kendaraan roda empat 667 unit dengan tujuan Ternate-Sofifi dan rute Ternate-Sidangoli khusus untuk kendaraan roda dua 1.074 unit dan untuk kendaraan roda empat 172 unit.

Untuk rute Pulau Moti kendaraan roda dua 65 unit dan roda empat tidak ada, sedangkan untuk Pulau Makian kendaraan roda dua 287 unit dan roda empat enam unit, dan untuk Ternate-Bitung atau sebaliknya 36 unit untuk kendaraan roda dua dan 92 roda empat.

Marssadik menyatakan rute Ternate-Rum, Kota Tidore Kepulauan meningkat untuk jumlah kendaraan roda dua 3.395 unit dan untuk kendaraan roda empat 2.028 unit.

"Sehingga kami membuka empat armada kapal feri pada puncak H+1 dan 2 Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 untuk melayani di daerah asal Pahlawan Nasional Sultan Nuku itu," katanya.

Layanan kapal feri yang melayani rute pelayaran Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara tujuan Kabupaten Pulau Morotai melonjak untuk calon penumpang maupun kendaraan karena kapal yang disediakan selama ini hanya satu unit, sesuai jadwal yang biasanya dibuka hanya dua kali dalam sehari. Akan tetapi, pada puncak arus balik meningkat menjadi tiga kali sehari yang melayani dari dan ke Tobelo.

Dia menambahkan untuk rute Ternate-Pulau Bacan didominasi kendaraan roda empat karena kebanyakan membawa barang-barang, baik untuk kebutuhan sembako maupun peralatan rumah dan perkantoran.

PT ASDP Feri Cabang Ternate pada tahun ini hanya menyediakan enam kapal yang melayani tujuan antarpulau selama Ramadhan maupun Lebaran.
 

Dermaga penyeberangan antar pulau akan mendapat GeNose C19

Pewarta:
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019