Dari data kunjungan wisatawan ke Bantul sebanyak 346.469 pengunjung, kawasan Pantai Parangtritis dikunjungi 272.200 orang
Bantul (ANTARA) - Objek wisata kawasan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih menjadi destinasi favorit wisatawan Nusantara selama libur Lebaran 2019.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Bantul Ni Nyoman Yudiriani di Bantul, Selasa, mengatakan, dari data kunjungan wisatawan ke Bantul selama libur Lebaran, kawasan Pantai Parangtritis mendapat kunjungan paling banyak di antara objek wisata lainnya.

Dari data kunjungan wisatawan ke Bantul sebanyak 346.469 pengunjung, kawasan Pantai Parangtritis dikunjungi 272.200 orang, Pantai Samas 24.217 orang, Pantai Gua Cemara 7.194 orang, Pantai Pandansimo  15.696 orang dan Pantai Kuwaru
4.780 orang.

Kemudian kawasan wisata alam Gua Cerme dikunjungi sebanyak 257 orang dan kawasan wisata Puncak Becici Mangunan dikunjungi sebanyak 20.309 orang, sedangkan objek wisata lainnya rata-rata kurang dari 10 ribuan orang.

"Ini masih laporan data (kunjungan wisatawan) sementara sampai dengan Senin (10/6/2019), yang lainnya masih proses penghitungan dan dirangkum," kata Nyoman.

Dengan demikian, menurut dia, kunjungan wisatawan ke Bantul selama libur Lebaran baik ke objek wisata yang dikelola pemerintah dan masyarakat seperti di desa wisata akan bertambah, mengingat libur Lebaran bagi pelajar masih berlangsung hingga pekan depan.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru mengatakan, kawasan wisata pantai selatan dan wisata pegunungan di Mangunan Dlingo potensial dikunjungi para pemudik, bahkan kalau melihat tren kunjungan dari tahun ke tahun wisata pantai dan pegunungan Mangunan meningkat.

Menurut dia, bahkan dua objek wisata yang menawarkan pesona pantai selatan Bantul dan pemandangan alam Bantul dari bukit tersebut kawasan wisata dengan jumlah kunjungan wisata terbanyak di tingkat provinsi DIY.

"Sehingga kalau kita berbicara tren cukup menggembirakan dalam dua tahun terakhir ini tujuan utama bagi pemudik dua objek itu, pantai terutama Parangtritis dan wisata Mangunan, yang ketiga baru objek wisata lainnya di luar Bantul," katanya.
​​​​​​​
Baca juga: Dinkes konsentrasikan Pos Kesehatan di tempat wisata usai Lebaran
Baca juga: Polres Bantul amankan kawasan wisata ramai wisatawan saat Lebaran

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019