Arus balik di Bandara Syamsudin Noor sudah normal pada H+5

Government sets beginning of fasting on May 6
Petugas Bandara Syamsudin Noor saat memeriksa identitas calon penumpang di pintu keberangkatan. (ANTARA Foto/Firman)
Banjarbaru (ANTARA) - Arus balik di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan,  nampaknya sudah berakhir hingga jumlah penumpang kembali normal memasuki H+5 Lebaran.

Manager Operasi Bandara Syamsudin Noor Rully Artha mengatakan, mulai normalnya jumlah penumpang terlihat dari tidak adanya lonjakan signifikan baik kedatangan ataupun keberangkatan.

"Angkanya terus menurun dari hari puncak arus balik pada hari Minggu atau H+3. Pada Selasa atau H+5 tercatat hanya 10.231 penumpang," terang Rully di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu (12/6).

Dengan total pergerakan pesawat 82 kali, pada H+5 penumpang yang datang sebanyak 6.043 orang dan berangkat 4.188 orang.

"Memang dari sisi perbandingan datang dan berangkat, masih dominan datang. Artinya, arus balik pemudik yang kembali ke Banjarmasin masih terjadi, namun tidak menonjol lagi jumlahnya," jelas Rully.

Adapun untuk total pergerakan pesawat yang datang sejak H-7 pada 29 Mei hingga H+5 Selasa (11/6) sebanyak 557 kali dengan jumlah penumpang 56.436 orang.

Sedangkan untuk keberangkatan 555 kali penerbangan dengan jumlah penumpang 74.289 orang.

"Untuk pergerakan pesawat memang terjadi penurunan sekitar 16 persen dibanding tahun lalu. Sementara jumlah penumpang turun sekitar 20 persen," beber Rully mewakili General Manager Bandara Syamsudin Noor Indah Preastuty.

Meski begitu, Rully mengaku optimis untuk kedepannya jumlah pengguna jasa angkutan udara semakin meningkat seiring beroperasinya Bandara Syamsudin Noor yang baru pada akhir tahun nanti.

BNN Musnahkan Barang Bukti 4,125 Kilogram Sabu-Sabu

Pewarta:
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019