Bongkahan diduga limbah dibuang di bantaran sungai di Semarang

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Satpol PP Kota Semarang mengecek benda diduga limbah di bantaran Kanal Banjir Barat Semarang, Senin. (Foto: dok.Sarpol PP Semarang)
Semarang (ANTARA) - Puluhan bongkahan benda yang diduga limbah yang mengandung bahan kkmia ditemukan berserakan di bantaran Kanal Banjir Barat Semarang, tepatnya di belakang Kantor Kelurahan Ngemplak Simongan, Semarang.

Kepala Satpol PP Semarang, Fajar Purwoto, di Semarang, Senin, membenarkan temuan puluhan bongkahan yang dicetak menggunakan tong di bantaran sungai itu.

Menurut dia, temuan itu didasarkan atas laporan dari warga sekitar. Petugas belum bisa memastikan pemilik bongkahan yang diduga merupakan limbah yang sengaja dibuang di lokasi itu.

Juga baca: Warga menemukan limbah pabrik kelapa sawit mengalir ke sungai

Juga baca: Warga Kudus keluhkan pencemaran limbah di Sungai Dawe

Juga baca: Limbah pencemar sungai terpusat di Jawa

"Masih kami ambil contoh untuk diperiksa di laboratorium Dinas Lingkungan Hidup," katanya. Ia menyayangkan pimpinan kelurahan setempat yang tidak mengambil tindakan ataa keberadaan barang-barang yang diduga berbahaya itu.

Untuk sementara, kata dia, barang-barang tersebut akan dipindahkan ke TPS Jatibarang. Ia khawatir jika barang-barang tersebut memang mengandung bahan kimia berbahaya akan mencemari air sungai.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019