Peserta SMN Jawa Timur akan belajar budaya Gorontalo

Government sets beginning of fasting on May 6
Dua peserta mengikuti ujian seleksi Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Kota Gorontalo. (Foto Adiwinata Solihin)
Gorontalo (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Jawa Timur akan belajar mengenai budaya, bahasa, pariwisata serta berbagai hal selama kurang lebih satu minggu di Provinsi Gorontalo.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas di Gorontalo, Rabu, menjelaskan bahwa, melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN), kementerian terkait melaksanakan pertukaran pelajar di seluruh provinsi di Indonesia.

"Sesuai agenda kementerian, sejumlah siswa asal Gorontalo akan mengenal budaya Jawa Timur, begitu juga sebaliknya, siswa dari Jawa Timur akan ke Gorontalo mengenal budaya Gorontalo," ujar Rohan Hafas.

Ia menjelaskan bahwa, tahun ini PT Bank Mandiri menjadi koordinator program BHUN 2019 di Gorontalo, sementara PT PPI, Indonesia Re, PT Lyod bertindak sebagai wakil koordinator.

Berdasarkan agenda yang telah disusun serentak se-Indonesia, program SMN tersebut baru akan dilakanakan pada awal bulan Agustus mendatang, dimana acara puncaknya yaitu upacara HUT Kemerdekaan RI.

"Kami saat ini telah mengunjungi lokasi dimana para siswa asal Jawa Timur ini akan belajar dan mengenal budaya Gorontalo," ujar Rohan usai mengunjungi salah satu desa konservasi Budaya Talumelito yang ada di Kabupaten Gorontalo.

Rencananya kedatangan para siswa asal Provinsi Jawa Timur ini, akan diterima langsung oleh pemerintah daerah, dengan harapan budaya dan keindahan alam Gorontalo, menjadi pengalaman tersendiri bagi mereka, sehingga bisa diceritakan lagi kepada rekan-rekan mereka yang belum berkesempatan mengikuti program SMN 2019.

"Kami ingin kedatangan siswa dari Jawa Timur ini, benar-benar bisa menyerap dan menginformasikan lagi budaya dan keindahan pariwisata yang ada di Provinsi Gorontalo," tutup Rohan.
 
Pewarta:
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2019