Puncak arus mudik di Kampung Rambutan H-2 Lebaran

Rabu, 31 Juli 2013 11:43 WIB | Dilihat 1823 Kali
Ilustrasi -Suasana Terminal (ANTARA FOTO/Nizar Arsyadani)
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Komandan Regu II Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kampung Rambutan, Yos Sudarso memprediksi bahwa puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada H-2 atau pada tanggal 6 Agustus 2013.

"Saya rasa puncak arus mudik tidak akan berbeda dengan tahun lalu, pada H-2 Lebaran," kata Yos saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu.

Dia menyebutkan bahwa prediksi arus mudik akan berbeda-beda dari setiap terminal. Hal tersebut terjadi karena pengaruh dari tujuan bus yang terdapat di masing-masing terminal.

"Karena disini lebih banyak bus yang ke Jawa Barat, jadi puncak arus mudik tidak terlalu jauh dari hari Lebaran. Karena jarak tempuhnya juga sebentar," katanya.

Hingga kini, lanjut Yos, belum ada peningkatan tajam untuk penumpang di terminal AKAP yang akan melakukan mudik. Perhitungan pun baru akan dilakukan esok hari karena sudah memasuki H-7.

"Sudah ada, tapi memang belum banyak. Saya rasa akan terlihat mulai besok dan lusa," katanya.

Untuk harga tiket sendiri, lanjut Yos, belum ada peningkatan tajam. Hanya saja dia meyakinkan bahwa harga tiket tidak akan lebih dari Rp400 ribu.

"Tadi saya lihat yang ke Surabaya itu paling mahal tiketnya ya Rp400 ribu," katanya.

Menurut pantauan Antara, saat ini terminal bus AKAP Kampung Rambutan belum banyak dipadati oleh penumpang yang ingin mudik. Bus-bus AKAP pun masih belum banyak dipenuhi oleh pemudik.

Pada Lebaran tahun 2012, di Terminal Kampung Rambutan terjadi sekitar 8.998 keberangkatan bus. Jumlah keberangkatan tersebut terdiri atas ratusan bus reguler ditambah dengan puluhan bus tambahan.