Damkar Jakpus sosialiasikan materi waspada kebakaran selama Ramadhan

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Petugas pemadam kebakaran dari kecamatan Gambir melakukan sosialisasi keliling terkait materi pencegahan COVID-19 dan penanggulangan kebakaran di masa Ramadhan 1441 H. (ANTARA/HO/Instagram @damkar_jakpus)
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat mengintensifkan sosialisasi  tentang penanggulangan kebakaran dan pencegahan COVID-19 dengan berkeliling menggunakan sepeda motor selama bulan suci Ramadhan 1441 H.

"Sudah sejak Minggu kemarin, serentak dilakukan di setiap kecamatan  pukul 16.00 WIB- 17.00 WIB," kata Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat Asril saat dihubungi, Selasa.

Baca juga: 1.788 titik di Jakarta didisinfeksi

Baca juga: Seabad Pemadam Kebakaran DKI, Anies tekankan optimalisasi inovasi

Baca juga: Genangan di RSCM sudah surut usai ditangani Damkar DKI


Tujuan  sosialisasi keliling itu untuk terus mengingatkan warga terkait pencegahan penyebaran COVID-19 serta meningkatkan  tata cara penanggulangan kebakaran di masa puasa.

"Biasa kalau bulan Ramdhan kita lelah jadi tidak waspada, makanya kami sosialisasikan agar warga ingat kembali tata cara penanggulangan kebakaran," kata Asril.

Petugas pemadam kebakaran yang melakukan sosialisasi selama bulan Ramadhan itu nantinya menggunakan motor  dilengkapi pengeras suara, seraya berkeliling petugas memutarkan petunjuk berupa audio yang dapat didengar  masyarakat.

Setiap kecamatan setidaknya menurunkan dua petugas untuk melakukan sosialisasi.

"Satu orang nanti bawa motor untuk sosialisasi, satu lagi mungkin ikut di belakangnya sebagai pendamping siapa tau butuh tukeran karena  muter-nya  satu kecamatan," kata Asril.

Lebih lanjut, Asril mengatakan sosialisasi itu tidak hanya dilakukan di Jakarta Pusat namun juga di empat wilayah kota lainnya sesuai dengan instruksi dari Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta.

Jawa Tengah waspadai potensi bencana saat kemarau

Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020