Jakarta (ANTARA) - Ramadhan tahun ini terasa berbeda karena masyarakat diharuskan untuk tetap berada di rumah menyusul kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam upaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Berbagai tradisi dan kebiasaan saat Ramadhan, termasuk berbuka puasa bersama alias bukber tidak dapat dilakukan untuk saat ini. Namun, tak perlu khawatir, teknologi dapat membuat Anda untuk tidak melewatkan momen bukber bersama teman dan keluarga.

Anda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi berikut untuk bukber virtual saat Ramadhan harus di rumah saja.

1. Aplikasi memesan makanan
Sebelum buka bersama, Anda perlu memastikan menu untuk berbuka puasa itu sendiri. Jika ingin merasakan makanan dari restoran untuk berbuka, Anda dapat memesan melalui sejumlah aplikasi.

Salah satunya Gojek lewat GoFood, yang kini memiliki fitur Ganti Lokasi yang memungkinkan Anda untuk saling berkirim pesan dengan teman-teman yang Anda ajak "bukber" virtual, sehingga dapat memiliki menu berbuka yang sama.

Ada pula aplikasi Grab dengan layanan GrabFood yang menghadirkan fitur pesanan terjadwal dua jam sampai dua hari sebelum waktu pemesanan. Anda juga dapat memesan makanan berbuka di Shopee dengan layanan kurir instan dari layanan ojek daring.

2. Aplikasi memasak
Jika Anda lebih memilih memasak sendiri untuk berbuka puasa, maka aplikasi Cookpad dapat menjadi pilihan untuk melihat referensi resep masakan. Tidak hanya itu, lewat aplikasi media sosial bagi mereka yang gemar masak ini, Anda dapat berbagi resep masakan dengan teman-teman Anda dan janjian menu yang sama untuk bukber nanti.

Selain itu, aplikasi berbagi video YouTube juga menjadi andalan untuk mencari tutorial banyak hal, termasuk memasak. "Resep takjil" misalnya, Anda akan menemukan banyak video berisi resep, cara memasak hingga menghias makanan, yang tautannya juga bisa dibagikan kepada teman-teman Anda.

3. Aplikasi telekonferensi
Terakhir, yang paling penting dalam bukber alias buka bersama secara virtual adalah aplikasi telekonferensi. Sejumlah perusahaan raksasa mengembangkan layanan konferensi videonya selama pandemi melihat peningkatan penggunaan yang signifikan karena orang harus berada di rumah guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Aplikasi pertama yang menjadi rekomendasi adalah Houseparty. Aplikasi panggilan video ini juga memiliki fitur game yang cukup sederhana seperti menjawab pertanyaan dengan cepat dan tebak gambar, tapi terasa seru karena bisa dilakukan langsung bersama teman-teman sambil menantikan adzan maghrib berkumandang.

Sayangnya, aplikasi Houseparty hanya dapat "menampung" delapan orang. Jika Anda ingin mengajak teman bukber lebih dari itu, maka Google Duo bisa menjadi opsi. Google bulan lalu bahkan telah meningkatkan jumlah orang yang dapat terlibat dalam panggilan videonya dari delapan menjadi 12 orang.

Hal lain yang menjadi nilai tambah untuk Duo, tidak perlu mendaftar untuk menggunakannya, karena sebagian besar pengguna ponsel Android memiliki akun Google, dan aplikasi Duo biasanya juga terinstal pada perangkat Android, sehingga tidak perlu repot untuk mengunduh.

Namun, jika Anda ingin mengajak lebih banyak orang untuk berbuka puasa bersama, misalnya teman sekelas atau rekan kerja satu, divisi atau mungkin bersama keluarga besar, Anda dapat menggunakan aplikasi konferensi video Zoom.

Untuk membuat ruang pecakapan di Zoom cukup mudah, Anda dapat mengunduh aplikasi Zoom, daftar masuk, kemudian pada fitur Meetings Anda dapat dengan mudah mengirimkan undangan dan memulai pertemuan. Meski begitu, perlu diingat bahwa batas untuk panggilan grup hanya 40 menit.

Selain tiga aplikasi di atas, layanan panggilan video dari raksasa teknologi Facebook juga bisa menjadi opsi. Anda dapat menggunakan FB Messanger, yang mendukung hingga delapan orang panggilan video gratis tanpa batas durasi, namun perlu akun Facebook untuk menggunakannya, dan tidak semua orang punya.

Belum lama ini, Facebook juga membuat Messanger Room yang "muat" untuk 50 orang sekaligus. Perusahaan yang berbasis di Silicon Valley itu juga meningkatkan jumlah batasan pengguna panggilan video untuk WhatsApp menjadi 8 orang sekaligus, namun masih menunggu update untuk fitur baru tersebut.

Seakan tak mau kalah, Google juga baru saja mengumumkan akan menggratiskan layanan konferensi video yang tadinya untuk bisnis, Meet, kepada semua orang. Penggunaan Meet dibatasi 60 menit untuk produk gratis, meskipun Google tidak akan memberlakukan batas waktu ini sampai setelah 30 September. Namun, Anda masih harus menunggu ini tersedia dalam beberapa pekan mendatang.


Baca juga: Rangga Moela rindu momen buka puasa bersama

Baca juga: Dubes, mahasiswa Indonesia di Pakistan berbuka puasa bersama virtual

Baca juga: Buka puasa dengan menu hotel berbintang di rumah

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020