selama bulan puasa semua sentra vaksin akan beroperasi mulai 07.00 hingga 14.00 WIB
Jakarta (ANTARA) - Kegiatan vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan Kementerian BUMN yang berlokasi di Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Bandung akan mengalami perubahan jam operasional selama Ramadhan.
 
Ketua Satgas Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Arya Sinulingga dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan selama bulan puasa semua sentra vaksin akan beroperasi mulai 07.00 hingga 14.00 WIB.
 
"Bahkan khusus sentra vaksin di Jakarta akan libur sehari pada Selasa, 13 Maret, saat hari pertama puasa. Kegiatan vaksinasi akan beroperasi kembali pada Rabu, 14 Maret," kata Arya Sinulingga.
 
Menurutnya, perubahan jadwal dan pengurangan jam vaksinasi dilakukan untuk menghormati masyarakat muslim dalam menjalankan ibadah puasa.
 
Meski jam operasional berkurang, namun Satgas memastikan pelayanan yang diberikan kepada warga yang akan divaksin tetap maksimal.
 
Koordinator Operasional Infrastruktur Medis Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Rainier Haryanto mengatakan perubahan jadwal tersebut juga terkait pengaturan jam kerja para tenaga kesehatan dan karyawan baik itu swasta, ASN, atau BUMN yang mengalami penyesuaian selama Ramadhan.
 
"Jumlah tenaga kesehatan yang bertugas di setiap sentra vaksin tidak berkurang selama bulan puasa," kata Rainier Haryanto.
 
Hingga Minggu kemarin (11/4/2021), total jumlah penduduk yang sudah mendapatkan vaksin mencapai angka 416 ribu orang.
 
Meskipun program vaksinasi nasional telah memasuki tahap ketiga dengan sasaran masyarakat yang rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi, termasuk kalangan disabilitas, namun sentra vaksinasi yang digelar Kementerian BUMN masih akan tetap melayani warga lanjut usia karena banyak dari mereka yang belum mendapatkan vaksin.

Baca juga: Ahli: Masyarakat diminta tidak ragu vaksinasi COVID-19 saat berpuasa
Baca juga: DKI Jakarta catat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 lansia terbanyak

Baca juga: Anjurkan malam hari, MUI Sultra: Vaksinasi COVID-19 tak batalkan puasa

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021