Festival Seni Ramadhan UI diharapkan tingkatkan kepekaan batin

Foreign envoys wish Indonesian Muslims a happy, peaceful Eid al-Fitr
Grup Nasyid meriahkan festival seni Ramadhan di Makara Art Center UI. ANTARA/HO-Humas UI
Depok (ANTARA) - Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro mengatakan Festival Seni Ramadhan diharapkan mampu meningkatkan kepekaan batin agar tumbuh kesadaran menjaga nilai kemanusiaan dan melindungi harkat dan martabat manusia dalam beragama.

"Berbagai tradisi yang lahir untuk mensyiarkan Ramadhan ini telah membuka ruang interaksi antarmasyarakat yang berbeda, sehingga kalangan non-muslim juga dapat merasakan kebahagiaan dan bergembira dengan datangnya Ramadhan," kata Ari Kuncoro dalam keterangannya, Kamis.

Rektor mengatakan bahwa Ramadan merupakan momentum strategis untuk membangun sikap moderasi beragama bangsa Indonesia. Ia menilai moderasi beragama yang dicanangkan oleh Kementerian Agama ini sejalan dengan spirit UI.

"Sebagai upaya membentuk sikap moderasi beragama di kalangan sivitas akademika UI, saya memberi mandat kepada Makara Art Center, Masjid Kampus, Asrama Mahasiswa, dan Pendidikan Agama, yang akan bergerak dengan bersinergi melalui pendekatan dan gerakan budaya," katanya.

Ketua Panitia Festival Seni Ramadhan, H. Sayid Alwi Fahmi menyatakan sejalan dengan Rencana Strategis Kemenag tahun 2020-2024, yakni bertujuan menciptakan Sumber Daya Manusia Indonesia dengan pondasi internalisasi nilai-nilai agama yang moderat, inklusif, toleran, rukun, tanpa kekerasan, serta menghargai keragaman dan perbedaan.

Oleh karena itu, subdit Seni Budaya dan Siaran Keagamaan Islam Kemenag mengawal sasaran strategis tersebut dalam berbagai program dan kegiatan salah satunya adalah Festival Seni Ramadhan ini.

Baca juga: Festival Ramadhan di Makara Art Center UI hadirkan "“Batle Nasyid"

Festival yang diadakan lewat kolaborasi UI dan Kemenag tersebut merupakan salah satu bentuk gerakan membangun moderasi beragama di kampus UI melalui gerakan kebudayaan. Penyelenggaraan FSR adalah ujud pelaksanaan MoU antara UI dan Kemenag yang sudah ditandatangani beberapa hari lalu, khususnya di bidang pengabdian masyarakat.

Rangkaian festival dimulai tanggal 27 dan berakhir 30 April 2021 yang dilaksanakan di MAC Kampus UI Depok. Kegiatan akan diramaikan berbagai aktivitas, seperti Seminar Relasi Intelektual Arab-Melayu, Bedah buku pedoman seni Islam Majelis Ulama Indonesia, Sarasehan moderasi beragama, Talkshow, Pagelaran Musik, dan berbagai lomba diantaranya desain mushaf cover alquran, stand up komedi sufi, cipta lagu religi, baca puisi islami, Nasyid Snada & Raihan, dan lomba video humor moderasi beragama.

Beberapa artis ikut ambil bagian, antara lain DEBU, Opick, Annisa Rahman, maupun alumni UI yang dikenal luas sebagai penyanyi, seperti Once, Aning Katamsi, Dwiki Darmawan, dan Ikang Fauzi.

Baca juga: Makara Art Center UI gelar festival seni Ramadhan
Baca juga: MAC UI gelar tadarus seni Ramadhan Volume 2 secara Online

 

Ekonom UI sarankan PPKM diperpanjang 2 pekan

Pewarta:
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021