Tidak mudik? Hiasi rumah dengan ornamen agar cantik saat lebaran

Foreign envoys wish Indonesian Muslims a happy, peaceful Eid al-Fitr
Ilustrasi (ANTARA/Ikea)
Jakarta (ANTARA) - Tahun ini menjadi tahun kedua pemerintah memberlakukan pelarangan mudik Lebaran di Indonesia.

Masyarakat juga diimbau untuk merayakan lebaran di rumah saja guna menekan laju pandemi COVID-19. Meskipun demikian, bukan berarti Lebaran menjadi tidak bermakna.

Untuk memaknai momen perayaan Lebaran di tengah pandemi ini, silaturahmi virtual dengan keluarga besar dan kerabat dekat bisa menjadi alternatif bagi yang harus mengurungkan niatnya untuk pergi mudik.

Baca juga: Tiga hal wajib untuk membuat ruang tamu nyaman

Baca juga: Quadra siapkan 22 varian motif baru untuk desain interior


Selain itu, Anda juga bisa mengalokasikan dana mudik untuk mendekorasi rumah agar waktu berkumpul bersama keluarga semakin indah dan hangat walau hanya di dalam rumah saja.

Tak perlu dekor besar-besaran dan mengocek kantong dalam-dalam. Anda bisa menciptakan suasana baru di rumah, hanya dengan menambahkan ornamen sederhana namun bermakna. Simak lima rekomendasi ornamen untuk ide dekorasi praktis dengan harga terjangkau, dikutip dari siaran resmi Ikea, Minggu.

Hiasi lantai dengan karpet bernuansa Idul Fitri

Saat mendekor ruang tamu, jangan lupakan bagian lantai. Karpet dengan bulu tipis dan warna hijau oriental-vintage bisa melengkapi lantai ruang tamu sekaligus memberikan nuansa Timur Tengah yang hangat. Polanya yang terlihat pudar dan usang, membuat karpet ini antik.

Bantal cantik nan empuk

Ruang tamu merupakan tempat yang biasa dipakai untuk bercengkrama bersama keluarga. Salah satu tempat yang dapat didekorasi adalah kumpulan bantal yang tersusun rapi di atas sofa. Sarung bantal kursi yang baru akan memperindah tampilan ruang tamu Anda. Kombinasikan warna atau pilih motif menarik agar ruang tamu terlihat lebih menawan. Selain bantal, ornamen lain yang dapat menambah kehangatan dan kenyamanan saat duduk berkumpul bersama keluarga adalah seprai pelapis sofa yang bisa digunakan sebagai selimut.
Lilin aromaterapi (ANTARA/Ikea)


Lilin aromaterapi pemberi ketenangan

Wewangian dapat memaksimalkan waktu berkualitas dengan keluarga saat bersantai bersama di ruang tamu. Selain membuat wangi ruangan, lilin beraroma dapat memberikan efek relaksasi. Kehadiran lilin dengan aroma menyenangkan dan menenangkan ini dapat membuat keluarga betah berkumpul dan beraktivitas di dalam rumah. Saat lilin sudah terbakar habis, mangkuk dapat digunakan sebagai tempat lilin kecil.

Taplak meja yang cantik

Saat berkumpul merayakan Idul Fitri, sesi makan bersama sudah menjadi agenda wajib bersama keluarga. Di ruang makan, Anda bisa mempercantik tampilan meja makan dengan taplak indah. Coba pakai warna toska tua dan padankan dengan taplak meja berwarna putih di bawahnya agar menambahkan warna baru pada tampilan meja serta menciptakan suasana akrab saat makan bersama. Dengan menggunakan taplak, meja menjadi mudah dibersihkan.

Walaupun di rumah saja, berkumpul bersama keluarga merayakan Idul Fitri bisa tetap bermakna dan dapat Anda maksimalkan dengan mendekorasi rumah.

Baca juga: Tips dekorasi ruangan agar lebih meriah sambut Ramadhan

Baca juga: Lima kiat menata tanaman hias untuk segarkan suasana rumah

Baca juga: Kiat atasi dinding rumah rembes air saat musim hujan

Kilas NusAntara Malam

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021