Bulu tangkis

Herry IP ingatkan Fajar/Rian agar hemat tenaga di Hylo Open

Eid offers momentum to exercise self-control to prevent COVID-19
Pelatih ganda putra Indonesia, Herry Iman Pierngadi. ANTARA FOTO/Ismar Patrizki/Spt/aa.
Jakarta (ANTARA) - Kemenangan yang diraih pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto setelah melalui laga melelahkan di babak 16 besar Hylo Open, Kamis, membuat pelatih ganda putra Pelatnas PBSI Herry Iman Pierngadi meminta atletnya itu untuk bermain lebih efisien di babak selanjutnya.

Dengan kondisi ganda putra unggulan ketiga itu, Herry menilai seharusnya Fajar/Rian sudah dalam tahap istirahat dan pemulihan mengingat mereka telah berlaga dalam empat turnamen tanpa jeda sejak bulan September.

"Ya dengan kondisi sekarang, di mana mereka terus bertanding sejak Piala Sudirman di Finlandia bulan September, Fajar/Rian harus bermain lebih efisien," kata Herry IP lewat informasi tertulis PP PBSI di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Fajar/Rian bertemu Pramudya/Yeremia di perempat final Hylo Open

Menurut pelatih berusia 59 tahun ini, Fajar/Rian harus menghemat energi untuk menghadapi pertandingan lain, salah satunya dengan memperbaiki strategi dengan melakukan penempatan bola-bola yang lebih terarah.

Selain itu, dalam kondisi fisik yang sudah menurun, atlet dituntut untuk bisa mengatur irama permainan agar tidak membuang-buang energi.

"Mereka dituntut harus bermain lebih efisien. Yaitu lewat penempatan shuttlecock yang lebih terukur dan jitu. Penempatannnya harus terarah untuk menghasilkan angka," Herry memaparkan.

Fajar/Rian lolos ke babak perempat final dengan mengalahkan ganda putra asal Inggris, Callum Hemming/Steven Stallwood dengan dua gim langsung 21-16, 21-19.

Baca juga: Hafiz/Gloria lolos ke perempat final Hylo Open 2021

Menurut mereka, Callum/Steven juga mengeluarkan permainan menantang yang membuat mereka kesulitan terutama di gim kedua.

Pada gim terakhir, Callum/Steven bermain lebih agresif dengan penempatan bola yang akurat. Sementara Fajar/Rian mengakui sempat kehilangan kendali permainan karena stamina yang sudah menurun dan lelah.

Meski punya poin evaluasi bagi Fajar/Rian, namun Herry melihat permainan mereka hari ini jauh lebih baik dari pertandingan babak pertama pada Rabu.

"Saya lihat penampilan mereka hari ini lebih segar dibanding dengan kemarin," pungkasnya.

Baca juga: Fikri/Bagas dihentikan ganda putra Inggris di 16 besar Hylo Open

Jabar borong 6 emas bulutangkis Peparnas

Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021