Sawahlunto (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) menyerahkan bantuan senilai Rp50 juta untuk Masjid An-Nur Kayu Gadang Desa Santur, Kota Sawahlunto, yang diserahkan Gubernur Mahyeldi Ansharullah saat memimpin tim Safari Ramadhan ke masjid itu.

Mahyeldi di Sawahlunto, Selasa, mengatakan bantuan yang diserahkan dalam kegiatan itu sebagai dukungan Pemprov Sumbar untuk penguatan dan pemberdayaan masjid.

"Selain dari Pemprov, ikut bersama kami menyerahkan bantuan adalah PT. Semen Padang, Bank Nagari, Bappeda Provinsi Sumbar, Kanwil Kemenag Kota Sawahlunto dan Pemkot Sawahlunto," kata dia.

Gubernur merinci, dari PT. Semen Padang memberikan bantuan Rp10 juta, kemudian Bank Nagari juga Rp10 juta, Bappeda Provinsi Sumbar dan Kanwil Kemenag Kota Sawahlunto memberikan bantuan Al-Quran sementara Pemkot Sawahlunto memberikan bantuan mukenah yang diproduksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kota tersebut.

Baca juga: Gubernur Sumbar sahur di rumah warga kurang mampu

Baca juga: Gubernur Sumbar harap perda bisa jadi solusi stabilitas harga gambir


"Itu untuk bantuan yang diserahkan pada momen safari Ramadhan sekarang. Sementara bantuan dari Pemprov Sumbar untuk mendukung dan memperkuat berbagai program Pemkot Sawahlunto dari APBD Provinsi pada Tahun 2022 ini mencapai Rp19 miliar lebih," katanya.

Dia menjelaskan dari Rp19 miliar dari APBD Provinsi Sumbar untuk Kota Sawahlunto itu terbagi dalam beberapa sektor antara lain untuk sektor pendidikan sejumlah Rp350 juta, kemudian untuk sektor kesehatan sejumlah Rp860 juta, untuk sektor kehutanan sejumlah Rp5,6 miliar.

"Sektor kehutanan mendapat porsi anggaran yang besar, karena Pemprov memperkuat Kota Sawahlunto untuk dikembangkan menjadi pusat budidaya madu di Sumbar. Sawahlunto kaya dengan hutan, melalui budidaya madu ini kita harap masyarakat dapat mendapatkan nilai ekonomis dari hutan tanpa merusak hutan itu," katanya.

Gubernur melanjutkan, untuk sektor peternakan sejumlah Rp4 miliar untuk pemeliharaan infrastruktur jalan sejumlah Rp3,2 miliar, untuk sektor perumahan dan permukiman sejumlah Rp1,75 miliar, untuk sektor perkebunan sejumlah Rp2,5 miliar, untuk sektor pariwisata sejumlah Rp600 juta dan ada tambahan dari Balai Perumahan dan Permukiman sejumlah Rp357 juta.

Intinya, kata dia, Pemprov Sumbar berkomitmen dalam mendukung berbagai program Pemkot Sawahlunto, terutama yang sinkron dengan program unggulan Pemprov.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Mahyeldi Ansharullah, Pemprov Sumbar dan semua unsur terkait yang telah membantu Pemkot dan masyarakat Sawahlunto.

"Semua bantuan yang diberikan ini, baik dalam Safari Ramadhan sekarang maupun di APBD Provinsi, tentu sangat besar dan berarti bagi Sawahlunto. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih untuk perhatian dan bantuan ini," kata dia.

Ia dalam kesempatan itu juga mengekspose program visi dan misi Pemkot Sawahlunto, termasuk berbagai prestasi yang diperoleh Sawahlunto di tingkat nasional maupun provinsi.

"Alhamdulillah, berbagai keberhasilan dan hal positif terus didapat Sawahlunto. Untuk tingkat nasional contohnya pada 2021 Sawahlunto menurut Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi daerah dengan angka kemiskinan paling rendah se-Indonesia," kata dia.*

Baca juga: Bantu korban gempa Pasaman, Riau kirim 10 truk logistik

Baca juga: Gubernur Sumbar instruksikan penanganan cepat gempa Pasaman Barat

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022