Program Bingkisan Berkah UKM Rembang atau parsel lebaran ini adalah kontribusi nyata Semen Gresik melalui Rumah BUMN Rembang dalam menyerap produk UMKM agar mampu bertahan, berkembang, serta tumbuh di tengah tantangan pandemi COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - PT Semen Gresik meluncurkan paket lebaran dalam program “Bingkisan Berkah UKM Rembang” sebagai bentuk dukungan bagi gerakan belanja produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Jawa Tengah yang diinisiasi pemerintah provinsi setempat.

“Program Bingkisan Berkah UKM Rembang atau parsel lebaran ini adalah kontribusi nyata Semen Gresik melalui Rumah BUMN Rembang dalam menyerap produk UMKM agar mampu bertahan, berkembang, serta tumbuh di tengah tantangan pandemi COVID-19,” kata Direktur Utama PT Semen Gresik Subhan secara virtual dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Paket lebaran yang ditawarkan antara lain produk makanan, minuman, kriya, fesyen, hingga batik khas Rembang dengan harga yang beragam, seperti paket Khuldi senilai Rp100 ribu, paket Al-Maqamul Rp200 ribu, paket Darussalam Rp260 ribu, paket Darul Muqamah Rp300 ribu, paket Mawa Rp500 ribu hingga paket Firdaus senilai Rp1 juta.

Baca juga: Teten: Produk UMKM sudah banyak yang berbasis teknologi dan inovasi

Sejak didirikan Agustus 2020, lanjutnya, Rumah BUMN Rembang telah memberikan progres menggembirakan karena berhasil mencapai nilai transaksi sebesar Rp1,4 miliar hingga Maret 2022.

Dia mengharapkan target omzet penjualan parsel lebaran Rumah BUMN kali ini bisa mencapai setengah miliar rupiah dan menjadi tertinggi diantara kabupaten/kota di Jateng.

Subhan menyampaikan bahwa Rumah BUMN bisa menjadi rumah besar bersama bagi ratusan UMKM binaan di wilayah operasional perusahaan.

“Karena itu, Semen Gresik berkomitmen menguatkan sinergitas dengan Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Rembang dan tak lelah dalam melakukan inovasi dalam mendampingi, memfasilitasi, dan mengembangkan UMKM,” ungkap dia.

Baca juga: Pendiri CLA Group dorong UMKM jeli manfaatkan peluang usaha

Bupati Rembang Abdul Hafidz mengapresiasi kontribusi Semen Gresik dalam mendukung pertumbuhan UMKM di daerahnya dengan melakukan penjualan parsel lebaran produk UMKM melalui Rumah BUMN Rembang.

Menurut dia, berbagai produk UMKM Rembang mampu bersaing dengan hasil produksi kompetitor lain menimbang produk buatan tersebut telah dipasarkan di belasan toko ritel modern ternama.

Hal ini dinilai menjadi salah satu upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional dan membangkitkan kecintaan terhadap produk dalam negeri.

Sebagai bagian dari UMKM binaan Rumah BUMN Rembang, Pemilik Usaha Kopi UD Cangkir di Kabupaten Rembang Vera Damayanti menyatakan pengadaan program paket lebaran itu dapat membantu para pelaku usaha dalam memasarkan produk secara gratis.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya program Bingkisan Berkah UKM dapat membantu usaha promosi kami, tentu hal ini juga dirasakan oleh para pelaku UMKM lainnya”, ujar Vera.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022