Serang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Banten menyiapkan sekitar 41 posko menjelang pelaksanaan Operasi Ketupat Maung 2022 yang akan diselenggarakan pada 27 April sampai dengan 8 Mei 2022.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan, Polda Banten siap melayani masyarakat yang akan mudik dengan menyiapkan Pos Pengamanan (Pospam), Pos Pelayanan (Posyan) dan Posko Terpadu.

"Dalam Operasi Ketupat Maung 2022 ini Polda Banten siap melayani masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran dengan menyediakan 2 posko terpadu, 29 Pospam dan 10 Posyan. Pos tersebut ditempatkan di jalur jalur yang akan dilewati oleh pemudik," kata Shinto Silitonga di Serang, Rabu.

Shinto mengatakan, di wilayah hukum Polresta Tangerang menyediakan 5 pospam yang terletak di Rest Area KM 45 Balaraja, Rest Area KM 43 Cisoka, Pospam Adiyasa Cisoka, Pospam Balaraja Timur, Pospam Kuta Bumi Pasar Kemis, dan 1 Posyan di Citra Raya Cikupa.

Selanjutnya, kata dia, untuk Polres Serang menyediakan 5 Pospam yang terletak di Pospam Petir, Pospam Ciruas, Pospam Ciujung, Pospam Tambak, Pospam Interchange. Kemudian 2 Posyan di Posyan Cikande Asem dan Posyan Modern.

Kemudian di wilayah hukum Polres Serang Kota menyediakan 1 Posyan di Posyan Alun-Alun Kota Serang dan 7 Pospam terletak di Pospam Parung, Pospam Baros, Pospam Ciomas, Pospam Kasemen, Pospam Rest Area KM 68, Pospam Serang Timur dan Pospam Serbar.

Selanjutnya Polres Cilegon memiliki 1 Posyan Posyan Dermaga 6 Merak dan 7 Pospam yaitu Pospam Merak, Pospam Gerem, Pospam Mesjid Agung Cilegon, Pospam Cibeber, Pospam Ciwandan, Pospam Anyer dan Pospam Cinangka.

"Polres Pandeglang menyediakan 2 Posyan yaitu di Posyan Alun-alun Pandeglang dan Posyan Karang Sari Carita. Sedangkan Pospam berjumlah 3 yaitu di Pospam Cigadung Cadasari, Pospam Mengger dan Pospam Citereup Panimbang," kata Shinto.

Polres Lebak menyediakan 3 Posyan yaitu di Posyan Terminal Mandala, Stasiun Kereta Api Rangkas Bitung dan Stasiun Kereta Apu Maja. Sedangkan Pospam sebanyak 2 di Alun-alun Rangkas Bitung dan Pospam Pasar Rangkas Bitung.

"Pospam memiliki tugas melakukan pengaman dan pengaturan arus lalulintas sedangkan untuk pos pelayanan dilengkapi dengan pelayanan medis dan vaksinasi," kata Shinto.

Baca juga: Polda Banten ingatkan pemudik waspadai lokasi rawan kecelakaan

Baca juga: Polda Banten siapkan 18 kapal patroli amankan arus mudik lebaran

Baca juga: Polda Banten memusnahkan ribuan botol minuman keras jelang Ramadhan

Pewarta: Mulyana
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022