Di dalam ada kepadatan nunggu yang keluar
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, menerapkan sistem buka tutup sementara akibat jumlah wisatawan yang membludak pada Kamis atau H+2 lebaran.

Pantauan di lokasi sekitar pukul 13.30 WIB, pihak pengelola TMII telah menutup akses masuk kendaraan bermotor di Pintu 3 yang berada di Jalan Mabes Hankam.

Baca juga: Kemarin, tempat wisata Jakarta hingga perbaikan Pasar Gembrong

"Di dalam ada kepadatan nunggu yang keluar baru dibuka lagi 30 menit," kata Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana di Jakarta, Kamis.

Sementara itu, arus lalu lintas menuju TMII juga terpantau padat merayap hingga satu kilometer di Jalan Mabes Hankam. Kendaraan pribadi yang didominasi oleh roda empat terlihat mengular saat memasuki TMII.

Sedana mengatakan penutupan sementara akses masuk di TMII tak selalu 30 menit, namun melihat kondisi dari kepadatan pengunjung. Apabila jumlahnya sudah menurun, maka pintu masuk akan kembali dibuka.

Baca juga: H+1 Lebaran, TMII dikunjungi 19.449 orang

Lebih lanjut, TMII saat ini juga memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung hanya 30 ribu. Tak hanya itu, TMII juga hanya membuka tiga akses masuk yaitu melalui Pintu 2, Pintu 3, dan Pintu 4.
​​​​​​
Sementara untuk Pintu 1 tidak dapat digunakan karena masih dalam perbaikan.

Sedana menjelaskan hingga saat ini tercatat ada sebanyak 15.878 wisatawan yang datang berkunjung ke TMII.

"Jumlah pengunjung yang masuk TMII 15.878 orang hingga pukul 13.50 WIB," ujar Sedana.

Baca juga: Akses menuju TMII macet satu kilometer pada H+1 Lebaran 1443 Hijriah

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022