Lampung (ANTARA) - Direktur Utama ASDP Indonesia Ira Puspadewi menyatakan sebanyak 71,5 persen pemudik telah bertolak ke Pulau Jawa dari Bakauheni, Lampung, hingga H+6 Lebaran.

"Hari ini, kurang lebih data yang dikeluarkan dari pukul 8 pagi tadi terdapat 71,5 persen sudah kembali ke Pulau Jawa," ungkap Ira Puspadewi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Senin.

Menurut dia, puncak arus balik dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa melalui jalur laut terjadi pada Sabtu (7/5) malam, dengan sebanyak 61.961 pemudik telah bertolak menuju Pelabuhan Merak, Banten.

"Kita, insya Allah telah melewati puncak arus balik yang terjadi pada Sabtu lalu. Dan semakin hari terlihat sudah semakin sedikit yang.memasuki pelabuhan," kata Ira.

Baca juga: Aplikasi Ferizy bantu ASDP dapatkan manifest perjalanan secara akurat

Ira pun mengucapkan banyak terima kasih terhadap pihak-pihak yang sudah terlibat untuk membantu kelancaran arus balik lebaran, seperti pihak Polda Lampung serta instansi terkait yang sudah banyak membantu untuk memperlancar kegiatan tersebut.

"Delay sistem yang dijalankan oleh pihak kepolisian cukup membantu terjadinya kepadatan atau penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni," ucap dia.

Selain mengimbau untuk memperlambat dan beristirahat di rest area yang tekah disediakan, ASDP juga berterimakasih kepada masyarakat yang melakukan pembelian tiket secara mandiri sebelum sampai di Pelabuhan menggunakan aplikasi Ferizy atau laman resmi.

Baca juga: ASDP catat penumpang yang bertolak ke Pelabuhan Merak mencapai 36.998

Baca juga: ASDP siapkan pelayaran malam antisipasi lonjakan penumpang

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022