Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar bersama Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar dan pemangku kepentingan  terkait  menyiagakan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 di Pelabuhan Makassar.

"Posko terpadu ini melibatkan semua pemangku kepentingan untuk mendukung kelancaran mudik Idul Fitri 1444 Hijriah," kata Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Hernadi Tri Cahyanto saat pembukaan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 ini ditandai dengan apel bersama di Terminal Car Lantai 1 Pelabuhan Makassar, Jumat.

Apel bersama tersebut juga diikuti seluruh instansi di Pelabuhan Makassar, yakni Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Lantamal VI Makassar, Pelindo Terminal Petikemas New Makassar, Balai Karantina, dan Cabang Kejaksaan Negeri Makassar di Pelabuhan Makassar.

Termasuk KPP Bea dan Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar, Polsek Soekarno Hatta, Basarnas, dan Politeknik Maritim AMI Makassar (POLIMARIM).

Hernadi mengatakan, Posko Angkutan Lebaran tahun 2023 ini bertujuan untuk memberikan pelayanan  terbaik bagi para pemudik yang melewati Pelabuhan Makassar selama libur Lebaran.

“Kita harus bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik dalam menjalankan tugas-tugas kita selama libur Lebaran nanti," katanya.

Selain itu, juga harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pemudik yang melintas di Pelabuhan Makassar agar mereka merasa aman dan nyaman.

Dia juga mengimbau agar seluruh instansi yang terlibat untuk bekerja sama dengan baik dan menjaga kerja sama yang harmonis dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid menyampaikan, pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait, utamanya dalam rangka menyambut mudik Lebaran tahun ini.

“Diharapkan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 di Pelabuhan Makassar ini bisa membantu pemudik yang menggunakan moda transportasi laut untuk mendapatkan berbagai informasi terutama terkait kedatangan dan keberangkatan kapal,” ujarnya.

Berkaitan dengan itu, Suhadi mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan berbagai fasilitas untuk para pemudik yang melintas di Pelabuhan Makassar. Salah satunya adalah Ruang Tunggu Sementara (RTS) yang telah diperbaiki untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik.
Suasana apel bersama di Terminal Car Lantai 1 Pelabuhan Makassar, yang dipimpin Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Hernadi Tri Cahyanto. Antara/ HO- Pelindo Reg 4

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023