....kami harus melayani masyarakat dengan baik, kami mengharapkan mudik ini aman, nyaman, selamat, dan berkesan.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu selama 3-18 April 2024 untuk mengoordinasikan penyelenggaraan angkutan Idul Fitri 2024 M/1445 Hijriah di seluruh  Indonesia secara terpadu.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu, mengatakan pembentukan posko terpadu sebagai upaya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat selama melaksanakan mudik maupun ketika balik pascalebaran.

“Kita tentu berusaha untuk berbuat yang terbaik sebagaimana yang disampaikan, diperintahkan Pak Presiden (Joko Widodo), kami harus melayani masyarakat dengan baik, kami mengharapkan mudik ini aman, nyaman, selamat, dan berkesan,” kata Budi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu.

Baca juga: Menhub minta jajaran di daerah pastikan kelaikan bus pariwisata

Posko Angkutan Lebaran Terpadu dibentuk di seluruh Indonesia dengan melibatkan sejumlah pemangku kepeningan di antaranya Korlantas Polri, BMKG, Basarnas dan pihak terkait lainnya.
 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (ketiga kanan) membuka posko pusat angkutan Lebaran Idul Fitri 2024 M/ 1445 Hijriah di Jakarta, Rabu (3/4/2024). ANTARA/Harianto

Menurut Menhub  pembentukan posko angkutan lebaran sangat penting sehingga koordinasi dalam pelayanan angkutan arus mudik maupun arus balik berjalan lancar. Apalagi pergerakan penduduk Indonesia selama Lebaran 2024 mencapai 193,6 juta orang.

“Kami akan kolaborasi, tempat ini (Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu) akan secara real  time  menyampaikan soal angkutan darat, laut, udara, ASDP tentang apa yang dilakukan di tempat-tempat itu. Dan kami akan melakukan vidcom dan kami akan berkomunikasi secara random,” ujar Budi.

Baca juga: Menhub tak temukan maskapai jual tiket lampaui tarif batas atas

Posko tersebut memiliki fasilitas command center yang dapat berkoordinasi secara daring dengan sejumlah petugas di lapangan dari berbagai daerah dan memantau pergerakan arus penumpang di simpul-simpul transportasi baik di darat, udara, dan laut.

Menurut Budi posko pemantauan tersebut akan semakin meningkatkan sinergi antara Kemenhub dengan pihak Kepolisian, TNI, Basarnas, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jasa Marga, ASDP, dan berbagai instansi terkait lainnya.

“Kami berusaha untuk melakukan semua ini dengan baik, tetapi tentu hal ini bisa dilakukan dengan baik jika berkolaborasi dengan stakeholder dan itu kunci keberhasilan yang dilakukan di tahun sebelumnya. Kami juga mengharapkan mudik tahun ini aman, nyaman, selamat, dan berkesan,” kata Menhub Budi.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024