counter

Masjid Lautze khususkan iktikaf untuk pembinaan mualaf

Masjid Lautze khususkan iktikaf untuk pembinaan mualaf
Seorang mualaf sedang belajar membaca Alquran di Masjid Lautze, Sawah Besar, Jakarta Barat, Senin (10/4).
Jakarta (ANTARA) - Masjid Lautze di Jakarta Pusat memanfaatkan momentum iktikaf di Bulan Ramadhan 1444 H untuk memberikan pengajaran tentang Al Quran sekaligus pembinaan cara beribadah kepada para mualaf.

"Di Masjid Lautze, kalau dibilang iktikaf juga bukan iktikaf yang sebenarnya ya, karena sebagian besar-besar teman-teman mualaf juga belum bisa membaca Al Quran dan belum paham juga tata cara iktikaf," kata ustadz sekaligus pengurus masjid Lautze, Qiu Xue Long yang biasa dipanggil Naga Kunadi di Jakarta, Senin.

"Untuk itu kami fokuskan iktikaf di masjid ini dengan pengajaran Alquran dan kegiatan pembinaan mualaf," kata Naga di Masjid Lautze.

Menurut keterangan Naga, iktikaf di Masjid Lautze sudah diadakan sejak 2003, satu tahun setelah dirinya menjadi mualaf. 

"Saat itu kami bersama teman-teman berupaya untuk mengadakan iktikaf bersama yang kami khususkan bagi para mualaf. Saat itu kita memang masih belajar, karena kan masih awal," kata Naga.

Naga melanjutkan, pada periode iktikaf mereka akan menggiatkan Shalat Tarawih setiap malam sambil melakukan pembinaan dan pengajaran para mualaf. 

"Sebenarnya kami cukup kesulitan, karena kebanyakan dari para mualaf masih sibuk dengan pekerjaannya. Jadi untuk nginap di masjid pada saat iktikaf mereka juga masih berupaya untuk meluangkan waktu," jelas Naga.

"Ada yang jam 10 malam sudah pulang ke rumah karena belum terbiasa atau karena besoknya masuk kerja. Namun itu semua bagian dari proses pembinaan mualaf," ungkap Naga. 

Menurut Naga, untuk para mualaf yang sudah lama biasanya menginap sampai pagi untuk membantu pengurus masjid memberikan bimbingan belajar Al Quran kepada mualaf baru.

"Untuk sekarang kami masih butuh sumber daya manusia, khususnya untuk pembinaan mualaf. Saya sendiri sebenarnya masih butuh proses panjang sebagai seorang ustadz. Terlepas dari itu kami bersama para mualaf tentunya selalu berupaya untuk terlibat dalam proses belajar bersama," tutup Naga. 

Baca juga: Mualaf di Masjid Lautze diajarkan metode satu jam membaca Al Quran

Baca juga: Masjid Lautze jadi pilihan mualaf Tionghoa perdalam Islam di Ramadhan

Baca juga: Masjid Lautze dakwah dengan akhlak didik para mualaf
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023

Penukaran uang baru di BI Malang hingga hidangan berbuka Roti Jala