kami menilai pasar tumpah tidak akan mengganggu lalu lintas baik Jalan Dewi Sartika ataupun Arif Rahman Hakim
Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, memberi izin aktivitas perdagangan pasar tumpah yang digelar saat malam takbiran Idul Fitri 1444 H agar warga dapat memenuhi kebutuhan lebaran.

"Dari hasil evaluasi kinerja underpass Dewi Sartika, kami menilai pasar tumpah tidak akan mengganggu lalu lintas di wilayah sekitar Panmas, baik di Jalan Dewi Sartika ataupun Arif Rahman Hakim," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri di Depok, Rabu.

Untuk itu, pemerintah harus hadir mengendalikan serta memastikan lalu lintas tidak terhambat dengan adanya pasar tumpah yang akan diadakan di Jalan Naming D Bothin.

"Untuk menjamin hal tersebut, Pak Wali Kota menunjuk Asisten Administrasi Umum, Nina Suzana sebagai penanggung jawab pasar tumpah," ucap Supian Suri.

Nina Suzana diharapkan dapat mengkoordinir dan mengendalikan kegiatan setahun sekali ini (pasar tumpah). Mulai, dari sisi lalu lintas, keamanan dan memaksimalkan unit Usaha Kecil Menengah (UMKM) Kota Depok serta warga setempat.

Baca juga: Disnaker Depok pantau pemberian THR di perusahaan

"Harapannya pasar tumpah tetap jalan dan terkoordinir dengan rapi, karena dalam hal ini pemerintah juga bertanggung jawab terhadap rencana pasar tumpah," katanya.

Ia menekankan tahun ini pasar tumpah tidak bisa hanya dikelola oleh masyarakat, namun perlu campur tangan pemerintah guna menjamin kelancaran lalu lintas, keamanan dan keikutsertaan UMKM Depok serta masyarakat sekitar.

"Untuk mekanisme pengaturan pedagang ada, tapi tidak dibatasi hanya warga Depok. Namun, warga Depok tetap harus dikasih ruang untuk UMKM," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Jabar siapkan 4.000 paket sembako murah bagi warga Depok

Baca juga: Pemkot Depok gandeng UPN Veteran kembangkan platform digital UMKM

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023