Insya Allah program mudik gratis ini akan membantu keamanan yang lebih baik lagi karena mengurangi kepadatan lalu lintas,"
Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan ribuan pemudik dari Surabaya dengan tujuan berbagai daerah kabupaten/kota di wilayah provinsi setempat.

Terdata sebanyak 3.554 pemudik yang sebelumnya telah mendaftar dalam program mudik gratis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim itu.

"Insya Allah program mudik gratis ini akan membantu keamanan yang lebih baik lagi karena mengurangi kepadatan lalu lintas," kata Khofifah usai memberangkatkan pemudik dari depan kantor Dinas Perhubungan Jatim di Surabaya, Rabu.

Para peserta mudik gratis itu difasilitasi sebanyak 90 unit bus.

Khofifah menjelaskan, program mudik gratis telah menjadi agenda rutin Pemprov Jatim yang digelar setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, salah satunya demi mengurai kemacetan di jalan raya.

"Program mudik gratis Pemprov Jatim tahun ini seluruhnya mengerahkan sebanyak 165 unit bus," katanya.

Selain 90 unit bus yang diberangkatkan Gubernur Khofifah itu dari Surabaya tujuan berbagai daerah kabupaten/ kota di Jatim, pada 18 April kemarin terlebih dahulu diberangkatkan sebanyak 24 unit bus dari Ibu Kota Jakarta.

"Yang diberangkatkan dari Jakarta kemarin tujuan berbagai daerah kabupaten/ kota di Jatim," kata Khofifah.

Mayoritas peserta mudik gratis mengaku terbantu dengan program rutin yang digelar setiap tahun oleh Pemprov Jatim.

"Saya sudah bertahun-tahun ikut program mudik gratis Pemprov Jatim. Cukup membantu sih. Lebih aman, nyaman dan dapat bingkisan," kata Latifah Ismiati, pemudik tujuan Blitar, sembari menunjukkan bingkisan berisi paket sembako.

Pemudik lainnya, Lelis dengan  tujuan Pacitan, juga mengaku telah rutin selama beberapa tahun terakhir mengikuti mudik gratis yang digelar Pemprov Jatim dan merasa terbantu.

"Apalagi kalau jurusan ke Pacitan itu paling susah angkutannya. Cuma ada beberapa unit dan rebutan naiknya di terminal. Kalau mudik gratis ini kan gak gupuh atau tidak perlu rebutan di terminal. Busnya sudah siap berangkat, kita tinggal naik," katanya.


Baca juga: Gubernur Jatim berangkatkan 3.650 pemudik program "mudik gratis"

Baca juga: PLN berangkatkan 1.000 pemudik gratis ke Jatim dan Jateng

Baca juga: 406 pemudik gratis dengan bus tujuan Jatim dilepas Kapolda Bali

Baca juga: Gubernur Khofifah berangkatkan mudik gratis kereta api

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nashrullah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023