Jakarta (ANTARA) -
Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto mengapresiasi kinerja Polri beserta jajarannya dalam mengatur arus mudik Lebaran 2023.
 
"Jika melihat perencanaan, persiapan dan pengaturan yang dilakukan Polri, tentu saya mengapresiasi kerja keras Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya mengingat arus mudik tahun ini relatif lancar," ujar Didik kepada ANTARA, Senin.

Adapun mudik tahun ini adalah mudik pertama yang dilakukan masyarakat pasca dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia. Didik juga melihat arus mudik tahun ini jauh lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik di Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta. Jumlah ini mengalami peningkatan 47 persen secara nasional dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menurutnya, arus mudik tahun ini relatif lancar meski ada beberapa kemacetan yang terjadi. Namun, hal itu cepat terurai berkat kesiagaan aparat kepolisian.

"Banyak antisipasi dan panduan yang disiapkan Polri untuk memberikan petunjuk, keamanan dan kenyamanan bagi bagi pemudik," tambah dia.

Ia menjelaskan ada banyak hal dan antisipasi yang dilakukan Polri selama arus mudik termasuk dalam mengantisipasi macet, di antaranya memberlakukan contra flow di Jalan Tol. Selain itu, jalur-jalur alternatif juga disiapkan dengan baik.

"Semua informasi dan alternatif yang disiapkan terinformasi dengan baik, sehingga pemudik mudah membuat perencanaan dan aman saat mudik," kata Didik.

Belajar dari keberhasilan arus mudik, sambung dia, kepolisian akan diuji kembali dalam mengatur lalu lintas saat arus milir. Untuk itu, ia berharap dengan perencanaan dan kesiagaan yang baik, arus milir juga akan berjalan lancar.

"Yang juga tidak kalah utama, para pemudik harus terus membangun kesadaran akan pentingnya merencanakan perjalanan, termasuk memedomani informasi dan petunjuk yang telah disiapkan termasuk tertib berlalu lintas untuk aman berkendaraan dan menghindari kemacetan," ucapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR RI Supriansa menyampaikan bahwa kepolisian di seluruh Indonesia sudah bekerja secara maksimal untuk melancarkan perjalanan masyarakat arus mudik dari berbagai daerah dengan menggunakan transportasi darat, udara dan laut.

"Semua berjalan lancar dengan minim resiko dalam perjalanan," ungkap Supriansa.

Hal ini membuat dirinya percaya Polri akan mampu mengatur kembali arus milir masyarakat menuju kota-kota besar.

"Saya tidak ragukan kerja-kerja kepolisian yang sudah berpengalaman dari tahun ke tahun," tutupnya.
 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023